SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah. (Youtube)

Solopos.com, SALATIGA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga telah mengajukan permohonan vaksin Sinovac tahap pertama sebanyak 5.850 dosis ke Pemprov Jateng. Vaksi sebanyak itu, rencananya diberikan kepada 2.825 tenaga kesehatan (nakes).

“Jumlah nakes di Salatiga itu ada 2.825 orang. Jadi, untuk dosisnya yang dibutuhkan sekitar 5.850, karena satu nakes kan dapatnya 2 dosis,” ujar Kepala Dinkes Salatiga, Siti Zuraidah, kepada Solopos.com, Kamis (7/1/2021).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Zuraidah menambahkan vaksinasi tahap pertama nantinya memang diprioritaskan untuk para nakes. Kendati demikian, kemungkinan besar tidak semua nakes di Salatiga akan mendapat vaksin tahap pertama jenis Sinovac.

Anggaran Rp66,5 M Habis untuk Penanganan Covid-19 di Salatiga

Hal ini dikarenakan jatah vaksin yang diterima Salatiga kemungkinan besar tidak sampai 5.000 dosis. Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com dari Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, hanya Kota Semarang yang akan menerima vaksin di atas 5.000 dosis.

Hal itu dikarenakan Semarang merupakan daerah zona merah persebaran Covid-19. Selain itu, ada kemungkinan persebaran vaksinasi tahap pertama lebih diutamakan di daerah atau kota besar.

“Ya jumlah itu [5.850 dosis] yang kita ajukan ke Pemprov Jateng. Tapi, jumlah pasti dapatnya kita belum tahu. Kita masih menunggu,” tuturnya.

Wah Keterlaluan, Rapid Tes Antigen di Salatiga Dipatok Rp1,7 Juta

Zuraidah juga belum mengetahui kapan vaksin tahap pertama itu akan didistribusikan ke Salatiga. “Kita masih menunggu aba-aba dari provinsi, terkait kapan vaksin itu akan dikirim,” imbuhnya.

Tunggu Aba-Aba Pusat

Sementara itu, Yulianto Prabowo,  mengatakan sudah membuat rencana distribus vaksin ke 35 kabupaten/kota. Tapi, hal itu masih harus dikaji ulang karena menunggu instruksi pemerintah pusat.

“Kalau rencana distribusi kita sudah ada. Tapi, kapan didistribusikan masing menunggu instruksi pusat. Karena infonya diprioritaskan ke kota provinsi yang zona merah seperti Semarang dan Solo,” tutur Yulianto.

Rekor! Sehari 251 Pasien Covid-19 di Salatiga Sembuh

Vaksin jenis Sinovac yang digunakan untuk vaksinasi tahap pertama sudah diterima Pemprov Jateng. Total ada 62.560 dosis vaksin Sinovac yang diterima Jateng sejak Senin (4/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya