SOLOPOS.COM - Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Antara-Puspa Perwitasari)

Solopos.com, JAKARTA — Dalam agenda salat Jumat hari ini, (13/3/2020), Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau masjid di Indonesia untuk gulung karpet menangkal virus corona.

Berkaca yang terjadi di Malaysia, Fachrul Razi mengatakan karpet bisa menjadi media penularan virus corona.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasien 01 RSPI Sulianto Saroso Dinyatakan Sembuh Corona

“Dan nanti kami ke depan sedang melakukan imbauan utk melakukan hal yang sama untuk menggulung karpet-karpetnya. Karena ternyata jadi sumber panyakit. Kedua, melakukan penyemprotan antiseptik. Dan tidak usah lagi bersalaman apalagi cipika cipiki sementara waktu karena itu jadi media penyaluran penyakit.” jelas Fahcrul Razi di video yang ditayangkan Detik.com, Jumat (13/3/2020).

Untuk memerang virus corona i di salat Jumat ini, Fachrul Razi juga meminta masyarakat berhati-hati dalam mengambil air wudu. Dia meminta masyarakat memastikan air wudu yang digunakan adalah air mengalir.

Sejarah Pondok Pesantren Al Muayyad Solo, Berawal dari Sebuah Masjid

“Lain-lain kami garis bawahi pengambilan air wudu juga diperhatikan, [air] Mengalir dengan baik. Di setiap pengambilan air wudu disiapkan juga sabun & antiseptik,” lanjutnya.

Mendapat pedoman dari Menag, Masjid Istiqlal Jakarta juga melakukan berbagai persiapan menjelang salat Jumat untuk memerangi virus corona.

Innalillahi, Gus Uzi Pengurus Pesantren Al Muayyad Solo Wafat

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengimbau jemaah untuk membawa sajadah sendiri karena sajadah di Masjid Istiqlal telah digulung.

“Kami menggulung karpet karena kasus yang terakhir menimpa jemaah yang ikut pengajian akbar di Malaysia dari Brunei, penularannya oleh karpet. Karena itu kita gulung karpet. Saudi Arabia pun melakukan hal yang sama, tidak terpasang karpet lagi di sana,” ujar Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jumat.

Simak! Ini Aturan Menonton Laga di Stadion Manahan Solo

Salat Jumat di Arab Saudi

Sementara itu, salat Jumat juga mendapat perhatian dari pemerintah Arab Saudi untuk mencegah virus corona. Pemerintah setempat membatasi durasi salat Jumat yang hanya diperbolehkan maksimal 15 menit.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Urusan Islam Arab Saudi Dr Abdullah Al Sheikh melalaui akun resmi Twitter Kementerian pada Senin (9/3/2020).

2 Suspect Corona RSUD Moewardi Solo Baru Pulang dari Seminar di Bogor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya