Salat Idulfitri Tak Boleh Di Tempat Umum, DMI Solo: Patuhi Anjuran Pemerintah!
Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai (dua dari kiri) menyosialisasikan kepada perwakilan takmir masjid agar menjalankan ibadah di rumah masing-masing bersama ketua Dewan Masjid Indonesia Solo, Samsuddin (tiga dari kiri) dan Dandim 0735 Solo, Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji di Masjid Al Wustho, Banjarsari, Solo pada Rabu (6/5/2020) sore. (Ichsan Kholif Rahman/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Ketua Dewan Masjid Indonesia atau DMI Solo, Samsuddin, mengimbau masyarakat mematuhi anjuran pemerintah dengan menjalankan Salat Idulfitri atau Salat Id di rumah bersama keluarga terdekat.

Hal itu juga sesuai imbauan Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai cara memberikan kenyamanan diri sendiri dan orang lain terkait pencegahan virus corona.

"Orang dengan kondisi fisik lemah kan bisa juga terkena. Kalau berdesakan kan berbahaya, salat di rumah juga sudah ada panduannya. Memang harus maklum, Salat Idulfitri tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Namun secara kewajiban Insyaallah sudah terpenuhi," papar dia kepada Solopos.com, Senin (18/5/2020).

Pandemi Covid-19, 5 Perusahaan Besar di Wonogiri Cicil THR

Ia menambahkan secara prinsip DMI Solo mendukung seluruh kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dalam menyikapi penularan virus corona, termasuk soal pelaksanaan Salat Idulfitri.

Apalagi, ulama juga telah berfatwa sehingga pegangan umat Islam dalam beribadah di tengah pandemi ini sudah cukup. Ia menambahkan di Kota Solo sudah sepantasnya masyarakat menaati Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Tidak Akan Ada Izin

Dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu bersama jajaran Forkopimda Solo, Samsuddin mengatakan sudah ditegaskan tidak akan ada izin penyelenggaraan Salat Idulfitri di jalanan atau fasilitas umum.

10 Orang di Joyotakan Solo Reaktif Rapid Test, 2 Anak Balita Positif Corona, Karantina Wilayah Diperluas?

Sebelumnya, Kepolisian dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak akan mengeluarkan izin penggunaan tempat umum atau jalan raya sebagai lokasi Salat Id. Kepolisian sudah berkoordinasi dengan MUI dan Kemenag Solo terkait teknis pelaksanaan Salat Idulfitri di tengah pandemi corona.

Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai, menyebut kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan DMI untuk menindaklanjuti imbauan MUI dalam pelaksanaan ibadah umat Islam untuk beribadah di rumah.

Innalillahi, Pimpinan Pondok Gontor KH Syamsul Hadi Aban Wafat

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan takmir masjid dan ketua lingkungan agar pelaksanaan ibadah di rumah saja. Dari MUI juga sudah menyampaikan untuk beribadah di rumah saja karena Solo masih bisa disebut zona merah virus corona," papar dia.

Ia menambahkan MUI juga telah mengeluarkan tata cara pelaksanaan Salat Idulfitri di tengah pandemi. Masyarakat diminta mengikuti panduan itu. Ia berharap masyarakat dapat memahami situasi saat ini untuk memutus penularan virus corona.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho