SOLOPOS.COM - Suasana Salat Id di Masjid Raya Al Falah Sragen. (M. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN--Seribuan jemaah berduyun-duyun menuju Masjid Raya Al Falah Sragen untuk menunaikan Salad Id, Kamis (13/5/2021). Ribuan jemaah itu berada di bagian dalam, serambi dan halaman salah satu masjid terbesar di Bumi Sukowati itu.

Halaman masjid yang biasa difungsikan sebagai area parkir penuh oleh jemaah. Pelaksanaan ibadah Salat Id itu dijaga oleh puluhan personel polisi dan TNI dari Polres Sragen dan Kodim 0725/Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski jumlah jemaah mencapai seribuan, pengurus takmir masjid setempat ketat dalam menjalankan protokol kesehatan. Sebelum masuk masjid, para jemaah dipastikan sudah memakai masker dan membawa sajadah dari rumah.

Baca Juga : Puluhan Motor Berknalpot Brong Diangkut ke Satlantas Boyolali

Di depan pintu masjid, masing-masing jemaah sudah dicegat oleh pengurus takmir masjid. Mereka memberi cairan hand sanitizer kepada semua jemaah. Setelah masuk masjid, para jemaah duduk sesuai tanda jaga jarak yang ada di bagian lantai. Masing-masing jemaah duduk dengan jarak sekitar 1 meter.

Ustaz Ridwanullah yang bertindak sebagai khatib dan imam salat mengingatkan jemaah untuk tidak menyembah Ramadan, melaikan Allah. Sebab, Ramadan pasti akan pergi. Sementara Allah tidak pernah pergi dan kekal selamanya.

Ia juga meminta jemaah tidak salah kaprah dalam memaknai ibadah selama Ramadan. Dia mengakui sebagian umat Islam menghentikan kegiatan ibadah setelah Ramadan selesai.

Baca Juga : KRL Jogja-Solo Beroperasi 20 Perjalanan Saat Libur Lebaran

"Jangan salah kaprah. Begitu Ramadan selesai, kita juga selesai melaksanakan ibadah. Kita harus bisa menjaga ritme ibadah kita. Jangan diturunkan ritmenya. Jangan biarkan Alquran ditutup setelah Ramadan selesai. Jangan biarkan sajadah tersimpan di lemari," papar Ridwanullah.

Ridwanullah meminta jemaah bisa istiqomah dalam melaksanakan ibadah. Dia menyebut salah satu kunci sukses mendapatkan mati dalam keadaan husnul khotimah adalah beribadah dengan istiqomah. "Jadilah orang yang bisa menjaga ibadah sepanjang masa. Kunci husnul khatimah itu salah satunya ya istiqomah," terang Ridwanullah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya