Salak Jateng Jadi Buah Favorit di Kamboja

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kamboja Sudirman Hasengmengungkapkan buah salak asal Jawa Tengah telah menjadi favorit warga Kamboja. Hal itu dia ungkapkan di sela-sela silaturahminya dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk melanjutkan kerja sama bidang pariwisata, dagang dan industri, di Puri Gedeh, Selasa (20/8/2019) siang.

Salak Jateng Jadi Buah Favorit di Kamboja

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah salak. (Antara-Fikri Yusuf)

Solopos.com, SEMARANG — Duta Besar Republik Indonesia untuk Kamboja Sudirman Hasengmengungkapkan buah salak asal Jawa Tengah telah menjadi favorit warga Kamboja. Hal itu dia ungkapkan di sela-sela silaturahminya dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk melanjutkan kerja sama bidang pariwisata, dagang dan industri, di Puri Gedeh, Selasa (20/8/2019) siang.

Sudirman dalam kesempatan itu sempat brcerita tentang potensi-potensi baru yang dapat dikerjasamakan Kamboja dengan Jateng. Karena, jumlah wisatawan dari Kamboja dengan jumlah penduduk 16 juta, yang berkunjung ke Jateng mencapai 6 juta hingga 7 juta wisatawan.

“Peminat wisata saat ini ada yang baru, yakni budaya dan pencinta arkeolog. Oktober nanti, ada pengusaha yang akan ke Jateng untuk bertemu Pak Ganjar. Selain promosi produk, akan ada kerja sama investasi,” ungkap Sudirman. 

Sudirman juga menceritakan, jika komoditas buah salak asal Jateng sangat disukai di Kamboja. Bahkan, katanya, salak menjadi makanan mewah yang dikonsumsi masyarakat kelas menengah ke atas. Sehingga, potensi itu bisa dikembangkan lebih baik.

“Seminggu itu ada tiga kali pengiriman. Setiap pengiriman ada 14 ton. Dan sekarang mereka sedang mencari manggis, karena yang tumbuh disana kecil-kecil buahnya,” ujarnya.

Sebagai peluang sekaligus potensi, Ganjar Ganjar pun berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jateng membuat profil yang menarik terhadap destinasi arkeologi yang di Jateng ini lebih menarik dan lebih tua usianya. Agen pariwisata pun disiapkan untuk membuat paket-paket wisata. 

“Kita butuh agen intelijen pariwisara untuk studi di Kamboja. Masyarakat disana kita tantang untuk datang ke Jateng. Selain wisata, dunia ini kan sedang geger soal kopi. Kita tawarkan juga kopi terenak kita, yakni kopi luwak. Intinya, kita akan bekerjasama dengan negara-negara potensial,” katanya. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemakaman dengan Protokol Covid-19 di Solo Melonjak 4 Kali Lipat, Penggali Kubur Kewalahan

Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di Kota Solo naik empat kali lipat pada Juli 2021 hingga membuat penggali kubur kewalahan.

Begini Lur Cara Damkar Lepaskan Cincin Macet di Jari Remaja Wonogiri

Petugas Damkar Wonogiri sebenarnya tidak diberi pelatihan khusus untuk menangani orang yang tidak bisa melepas cincin dari jarinya.

Catat Lur! Jl Slamet Riyadi Solo Ditutup Mulai Pukul 20.30 WIB hingga 05.00 WIB

Salah satu jalan di Kota Solo yang ditutup adalah Jl Slamet Riyadi pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

4 Hari Diguyur Hujan, Warga Paranggupito Wonogiri Bebas dari Kekeringan

Warga Paranggupito, Wonogiri, akhirnya terbebas dari kekringan setelah empat hari wilayahnya diguyur hujan.

Apes! Remaja Wonogiri Baru Beli Cincin, Tapi Tak Bisa Dilepas dari Jari

Seorang remaja perempuan di Wonogiri terpaksa harus mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri karena cincin di jarinya tak bisa dilepas.

Stok Menipis, Pemkot Jogja Fokus Pada Vaksinasi Dosis Kedua

Stok vaksin yang tersedia di Kota Jogja tak mencukupi untuk vaksinasi dosis kedua.

Memakan Korban Jiwa, Tim Gabungan Copoti Jebakan Tikus di Ngrampal Sragen

Tim gabungan dari Forkompimcam Ngrampal, Sragen, mencopoti jebakan tikus yang teraliri listrik di area persawahan di Desa Karangudi, Selasa (3/8/2021).

Mohon Doanya, Suami-Istri Mantan Menkes Ini Positif Covid-19

Dua mantan Menteri Kesehatan, Farid Anfasa Moeloek dan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, tengah berjuang melawan Covid-19 yang mereka derita.

1 Peleton Polisi Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalanan Klaten

Rute penyemprotan disinfektan Jl. Diponegoro-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Jl. Merbabu-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Ki Ageng Gribig dan kembali ke Polres Klaten.

Tragis, Terpeleset Saat Kabur Dari RS Lapangan, Pasien Covid-19 di Bantul Meninggal di Kolam ikan

Pasien Covid-19 ditemukan meninggal dunia di dasar kolam ikan setelah mencoba kabur dari RS lapangan Khusus Covid-19 Bantul.

Ikatan Cinta 3 Agustus 2021: Diubah Penampilannya, ke Mana Ricky Bawa Elsa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 3 Agustus 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Positif Corona Tapi Tak Percaya, Pria di Sleman Nulari Warga Sekampung

Seorang pria di Sleman yang positif Covid-19 namun tidak percaya dengan virus corona membuat puluhan warga di kampungnya tertular.