Salahudin: Gelandang Persis Solo Mesti Lebih Kreatif
Persis Solo menjalani latihan di Stadion Sriwedari, Solo, Senin (3/2/2020). (Solopos/Ivan Andimuhtarom)

Solopos.com, SOLO - Setelah menjalani program latihan fisik, pemain-pemain Persis Solo kini mulai digembleng soal taktik. Salah satu yang disorot oleh pelatih Salahudin adalah kreativitas para pemain gelandang.

Stok gelandang Laskar Sambenyawa saat ini memang begitu melimpah. Mereka memiliki Iman Budi Hernandi, Yan Pieter Nasadit, Irfan Afghoni, Syahroni, M. Shulton Fajar, hingga Oky Derry Andryan.

Duh, Pria Jepang Kena Corona Usai Jalan-Jalan ke Indonesia

Salahudin menilai mereka sudah menunjukkan kerja keras pada laga uji coba pekan lalu emlawan Persib Bandung. Para gelandang yang diturunkan bisa bermain menekan. Namun, yang perlu diperbaiki adalah mencari posisi yang tepat dan menciptakan peluang bergerak.

“Penguasaan bola para playmaker kami bagus. Cuma ritmenya belum ketemu. Kapan mereka harus bermain cepat, kapan harus bermain lambat," kata Salahudin saat ditemui Solopos.com di mes Persis, Sabtu (22/2/2020).

Usulan Ketua MPR: Sepeda Motor Boleh Masuk Jalan Tol

"Kalau main cepat terus, saat kami kehilangan bola, kami capai [mengejar bola]. Dan saat menguasai bola, mereka harus bisa menahan bola dan memberikan umpan-umpan yang bagus ke depan. Kalau itu bisa dilakukan, tim ini akan lebih solid,” paparnya.

Sebelumnya, Salahudin juga memberikan evaluasi kepada para pemain belakang. Kekurangan sektor ini adalah kecepatan. Namun, hal itu bisa diatasi dengan penempatan posisi dan membaca pergerakan lawan.

Diduga Ngantuk, Pemuda Cepogo Meninggal Tenggelam Saat Mancing di Umbul Melikan

Lebih lanjut, sisa waktu sebelum kick off Liga 2 Indonesia 2020 akan dimanfaatkan Persis untuk mematangkan tim. “Kami terus mematangkan taktik, bagaimana menyerang-bertahan. Bagaimana visi bermain gelandang untuk menyuplai bola ke depan atau ke sayap."

"Setelah itu tahap uji coba. Kami tak cari yang lebih tinggi [levelnya] tapi kami cari yang sepadan. Segera kami bahas dengan manajemen,” tutupnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho