Kategori: Internasional

Salah Tulis Nama Yesus, Vatikan Tarik 6.000 Medali


Solopos.com/

Medali Vatikan (Dailymail)

Solopos.com, ROMA - Sebanyak 6.000 koin medali kepausan yang dibuat untuk memperingati tahun pertama pemerintahan Paus Fransiskus ditarik kembali oleh otoritas keagamaan Vatikan. Penyebabnya sepele. Nama ‘Yesus’ pada koin dieja menjadi ‘Lesus’.

Dilansir BBC yang kemudian dikutip Dailymail, Jumat (11/10/2013), medali yang dibuat oleh industri pembuat koin dan mata uang di Italia ini memuat kesalahan tulisan ‘Lesus’ yang terukir ditepi koin.

Kalimat yang ditulis di tepi medali diambil dari salah satu ayat di kitab suci Injil yang membuat Paus Fransiskus mengabdikan diri pada jalan keagamaan.

Sebanyak 3.000 medali perunggu, 3.000 medali perak dan 200 medali emas ditarik dari peredaran setelah kesalahan ini terungkap. Kejadian memalukan ini tentu mencoreng nama Vatikan.

Medali ini sebetulnya terbilang spesial. Saking spesialnya, medali hanya dijual melalui sumber-sumber resmi. Semua koin itu telah diberi nomor dan sertifikat keaslian dari Sekretariat Negara Vatikan.

Kantor berita di Vatikan mengatakan untungnya baru empat medali yang telah dijual.

Medali ini banyak diburu oleh kolektor dunia. Pihak Vatikan pada Dailymail mengklaim medali ini mungkin akan sangat bernilai pada masa yang akan datang, mengingat jumlahnya yang tidak banyak. Jafar Shodiq/JIBI/Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rini Yustiningsih