Salah Satu Klub Tertua di Inggris Ini Bangkrut

Salah satu klub legendaris di Inggris, Bury FC, dikeluarkan dari keanggotaan Liga Inggris karena bangkrut. Tim yang sudah berusia 134 tahun itu dilaporkan pailit setelah memiliki utang segudang.

Salah Satu Klub Tertua di Inggris Ini Bangkrut

SOLOPOS.COM - Bury FC (Reuters-carl Recine)

Solopos.com, BURY — Salah satu klub legendaris di Inggris, Bury FC, dikeluarkan dari keanggotaan Liga Inggris karena bangkrut. Tim yang sudah berusia 134 tahun itu dilaporkan pailit setelah memiliki utang mencapai 75% pada HM Revenue and Customs dan sejumlah kreditor lain. Gaji para pemain pun belum dibayarkan meski sukses membawa Bury promosi ke League One, empat bulan lalu.

Dilansir Sky Sports, Rabu (28/8/2019), perjalanan Bury di pentas sepak bola Inggris dipastikan berakhir seiring keluarnya keputusan dari operator turnamen, Liga Sepak Bola Inggris (EFL). Keputusan tersebut membuat Bury menjadi klyb pertama yang dikeluarka dari keanggotaan Liga Inggris sejak Maidstone United pada 1992.

Pada Selasa (27/8/2019) sore waktu setempat, EFL mencabut keanggotaan Bury yang sudah 125 tahun di Liga Inggris. Pencabutan keanggotaan itu terjadi setelah C and N Sporting Risk gagal mengambil alih klub berjuluk The Shakers tersebut. Menurut EFL, pemilik Bury Steve Dale tidak pernah bisa menunjukkan bukti yang diperlukan terkait komitmen klub terhadap keuangan yang sehat.

Ketidakmampuan Dale dalam menunjukkan dokumen keuangan klub yang sehat membuat kepemilikan Bury ditawarkan kepada pihak lain, C and N Sporting Risk. Namun pada akhirnya C and N Sporting Risk menarik diri dari penawaran tersebut.

“Setelah mempertimbangkan semua opsi yang tersedia, Dewan EFL dengan suara bulat dan penuh penyesalan memutuskan keanggotaan Bury dicabut,” demikian pernyataan EFL.

Dengan hilangnya keanggotaan Bury dari daftar Liga Inggris, kompetisi Legue One atau Divisi III musim 2019/2020 hanya diikuti 23 tim. Klub yang akan terdegradasi otomatis akan dikurangi jadi tiga dari sebelumnya empat klub.

Sebelum keputusan EFL keluar, Bury belum pernah memainkan pertandingan padahal tim-tim lain sudah menjalani pekan kelima. Ratusan sukarelawan sempat bergabung di Stadion Gigg Lane pada Senin (26/8/2019) waktu setempat untuk membantu membersihkan stadion dalam persiapan pertandingan Doncaster yang awalnya digelar Sabtu (31/8/2019).

Bury, salah satu klub tertua di Inggris yang didirikan pada 1885. Mereka tercatat pernah menjuarai Piala FA pada 1900 dan 1903.

Berita Terkait

Berita Terkini

2 Atlet Panahan Indonesia Gugur di 64 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Diananda Choirunisa dan Alviyanto Bagas Prastyadi tersingkir dari babak 64 besar.

BPS Solo Survei Perilaku Masyarakat Masa Pandemi, Apa Dampaknya?

BPS Solo tengah merampungkan hasil Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 yang digelar secara serentak pada 13 - 20 Juli 2021 lalu.

Lagi, 6 Formasi Dokter Spesialis Nihil Pendaftar Pada Perekrutan CPNS di Ponorogo

Bukan kali ini saja formasi dokter spesialis dalam perekrutan CPNS di Ponorogo nihil pelamar.

Atlet Dayung Indonesia Tak Bisa Berbicara Banyak di Olimpiade Tokyo 2020

Melani Putri/Mutiara Rahma Putri gagal memperebutkan posisi 13-18 di Final C setelah tak mampu menembus posisi tiga besar.

Sudah 3 Bulan Berkas Kasus Satai Beracun Belum Juga P21, Ada Apa?

Penyidik Polres Bantul menyebut telah mengembalikan berkas perkara kasus satai beracun kepada Kejari setelah sebelumnya dinyatakan P19.

Mercedes-Benz EQS Bersistem Roda Kemudi 10 Derajat

Mercedes-Benz EQS akan hadir dengan sistem kemudi roda belakang yang dapat memutar hingga 10 derajat.

Jumlah Penumpang Turun 40 Persen, DAMRI Tetap Tegakkan Prokes

DAMRI mencatat  penurunan jumlah penumpang selama masa PPKM darurat maupun level 4 yang dimulai sejak 3-25 Juli 2021.

Buntut Kasus Oknum TNI AU Injak Kepala Tunarungu, Panglima TNI Marah Besar dan Copot 2 Komandan

Panglima TNI copot Danlanud dan Dansatpom Johanes Abraham Dimara, Merauke, terkait kasus dua prajurit TNI AU yang menginjak kepala warga tunarungu.

Singkirkan Jepang, Ahsan/Hendra Lolos ke Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

The Daddies harus bersusah payah mengalahkan Kamura/Sonoda melalui rubber game dengan skor 21-14, 16-21, dan 21-9.

Pertunjukan Campursari di Jenar Sragen Dibubarkan, Kades Samto Klaim Sudah Ingatkan Warganya

Kades Jenar Samto mengaku sengaja mendatangi lokasi pesta campursari itu untuk mengingatkan warga supaya segera membubarkan diri.

Viral Influencer Dapat Vaksin Dosis Ketiga, Moderna yang Dipakai untuk Nakes?

Viral sebuah tangkapan layar InstaStory seorang influencer yang mengaku mendapatkan vaksin dosis ketiga sebagai booster. Ini kata Kemenkes.

Belum Berhenti, Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh 2,5 KM

BPPTKG mencatat adanya muntahan awan panas guguran Gunung Merapi pada Kamis (29/7/2021) dini hari WIB. Status Merapi masih Siaga.