SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Diperkirakan lepas tengah malam nanti atau mulai Kamis dini hari, akan terjadi gerhana bulan total. Fenomena alam tersebut bisa disaksikan langsung secara kasat mata, sebab menurut perkiraan cuaca akan cerah.

Menurut Direktur Observatorium Bosscha Lembang, Hakim L Malasan, gerahana terjadi mulai pukul 01.25 WIB dan total pada 02.25 WIB. Kemudian maksimum gerhana total di mana bulan seluruhnya ditutupi bayangan bumi akan terjadi pada pukul 03.14 WIB. Gerhana baru berakhir bertepatan dengan adzan subuh pukul 05.04 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hakim saat dihubungi Rabu (15/6) mengatakan, saat bulan ditutup oleh bayangan bumi, bulan akan berubah warna dari putih menjadi hitam kemerahan. Kondisi itu akan berlangsung cukup lama.

Hakim menambahkan, Bosscha akan bekerjasama dengan Kominfo dan observatorium lainnya di bberapa kota di Indonesia, sehingga hasilnya dapat akses live streaming di website Kominfo. Diberitakan gerhana bulan total tidak hanya terjadi tanggal 16 Juni, namun juga 10 Desember 2011. [dtc/dev]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya