SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung–Para pecinta  astronomi harus bersiap-siap. Pemandangan menarik gerhana bulan akan bisa dilihat pada 26 Juni mendatang. Saat itu, bulan purnama akan tertutup setengahnya.

Menurut Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Hakim L Malasan seluruh penduduk di wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan tersebut. Wilayah terbaik, katanya, berada di Indonesia bagian timur.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Gerhana akan berlangsung mulai pukul 18.00-20.15 WIB,” ujarnya, Rabu (9/6). Puncak gerhana hingga 50 persen bakal muncul sekitar pukul 19.40 WIB.

Menurut Hakim, pecinta dan komunitas astronomi rencananya akan mengabadikan fenomena itu di sejumlah tempat. Sebagian komunitas akan berkumpul di Candi Prambanan, Jawa Tengah. “Diantaranya untuk antisipasi kalau di daerahnya hujan atau mendung,” ujarnya.

Gerhana bulan terjadi karena bulan tertutupi oleh bayangan bumi dari sorotan matahari. Menurut Hakim, gerhana bulan selanjutnya bakal terjadi total pada 21 Desember mendatang. “Gerhana itu masih rangkaian gerhana Juni nanti,” ujarnya.

tempointeraktif/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya