Tutup Iklan
Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat menandatangani hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (12/5/2019) dini hari. (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, JAKARTA -- -pilpres-2019-real-count-80-jokowi-maruf-makin-jauhi-prabowo-sandi" target="_blank" rel="noopener">Rekapitulasi hasil penghitungan suara di beberapa provinsi diwarnai keengganan saksi dari BPN Prabowo - Sandiaga menandatangani berita acara rekapitulasi atau formulir DC1. Namun Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menyatakan hal itu tidak akan memengaruhi hasil rekapitulasi.

Hasyim mengatakan KPU memiliki kewajiban untuk mengundang perwakilan dari partai politik dan pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2019. Tetapi terkait kehadiran dan tidak ditandatanganinya berita acara DC1 tidak akan memengaruhi hasil rekapitulasi.

"Untuk hadir atau tidak, hak peserta Pemilu. Hadir tidak hadir tidak pengaruhi -pilpres-2019-real-count-babel-bali-gorontalo-100-cek-siapa-menang" target="_blank" rel="noopener">rekapitulasi. Tandatangan atau tidak, tidak pengaruhi proses. Kalau ada catatan keberatan digunakan oleh formulir tertentu untuk tuangkan catatannya," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Ia menuturkan jika ada pihak yang menilai KPU telah melakukan pelanggaran administrasi bisa langsung melaporkan kepada Bawaslu. Hasyim mengungkapkan pihaknya pun terbuka terhadap hal itu.

"Silakan ajukan laporan ke Bawaslu. Bawaslu bisa proses pelanggaran proses itu. Sepanjang saksi bawa dokumen, dibawa rekap, akan kita lakukan upaya pencocokan saling kroscek antar dokumen yang dimiliki KPU," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Relawan BPN Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Ferry Mursyidan Baldan, mengungkapkan alasan beberapa saksi dari pihaknya yang enggan menandatangani lembaran berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara atau formulir DC1 di beberapa provinsi. Ferry beralasan karena pihaknya menemukan banyak kecurangan.

Menurut Ferry salah satu formulir DC1 yang tidak ditandatangani oleh saksi dari BPN -pilpres-2019-real-count-80-jokowi-maruf-makin-jauhi-prabowo-sandi" target="_blank" rel="noopener">Prabowo - Sandiaga Uno yakni, terkait hasil rekapitulasi di Provinsi Jawa Tengah.

Ferry mengklaim terjadi banyak kecurangan di Provinsi Jawa Tengah. Pihaknya juga telah mengusulkan KPU Jawa Tengah untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU), namun katanya tidak digubris.

"Banyak masalah dan itu tidak terjawab, tidak dicarikan solusinya. Kita minta hitung ulang di 8.146 TPS. Tapi tidak dilakukan," kata Ferry.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten