Sakjose Mazzeh! Petani Milenial Klaten Kembangkan Aplikasi Sirojo & Sitampan

Komunitas Petani Muda Klaten (KPMK) mengembangkan dua aplikasi sekaligus.

 Tampilan depan aplikasi berbasis website yang dikembangkan Komunitas Petani Muda Klaten bernama Sitampan untuk memudahkan investor memantau ternak kambing mereka yang dikelola peternak lokal. Foto diambil Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Tampilan depan aplikasi berbasis website yang dikembangkan Komunitas Petani Muda Klaten bernama Sitampan untuk memudahkan investor memantau ternak kambing mereka yang dikelola peternak lokal. Foto diambil Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Komunitas Petani Muda Klaten (KPMK) mengembangkan dua aplikasi sekaligus. Kedua aplikasi itu untuk pemantauan benih padi varietas Rajalele Srinuk dan Srinar serta aplikasi pemantauan ternak.

Aplikasi pemantauan benih rajalele itu diberi nama Sirojo. Sementara, aplikasi pemantauan peternakan diberi nama Sitampan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ketua KPMK Klaten, Afif Amrizal Amri, mengatakan latar belakang pembuatan aplikasi Sirojo dimaksudkan memantau peredaran benih padi Rajalele Srinuk dan Srinar. Sesuai kebijakan Pemkab, benih padi varietas hasil penelitian Batan dan Pemkab Klaten itu hanya untuk petani Klaten.

“Sirojo dikembangkan sejak Juni 2022 dan saat ini baru tahap testing dan sosialisasi ke penyuluh setiap BPP kecamatan,” kata Afif saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (29/9/2022).

Sementara itu, Sitampan merupakan aplikasi pemantauan ternak. Aplikasi itu dibuat untuk membantu investor peternakan memantau investasi atau ternak mereka secara real time.

Baca Juga: Sistem Green House, BUM Desa Bogem Klaten Panen Geden Melon Golden

Ada empat elemen yang terlibat dalam pengembangan Sitampan, yakni KPMK, investor, peternak induk, dan peternak lokal.

Prosesnya, investor menyetorkan uang ke peternak induk dan peternak induk mengirimkan ternak ke peternak lokal. Para peternak lokal merupakan peternak yang didampingi KPMK melalui kegiatan Ngaji Tani yang digelar sekali dalam sepekan.

“Untuk investor itu bisa login di aplikasi Sitampan mengecek ternak mereka, yakni kambing. Dari sana akan muncul informasi ternaknya dipelihara siapa, kapan, tanggal dropping kambing, kapan kambing dijual, tahu selisih bobot, bagi hasilnya, dan lain-lain,” kata Afif.

Afif menjelaskan aplikasi itu lahir dari program yang digulirkan KPMK mempertemukan antara investor, peternak induk , serta peternak lokal. Program itu terlahir dari kegiatan Ngaji Tani.

Baca Juga: Kendalikan Inflasi, Klaten Canangkan Penanaman 1 Juta Cabai Mulai Pekan Depan

Saat ini, sudah ada lima investor ternak kambing dengan jumlah peternak lokal mencapai 14 orang. Guna memudahkan para investor memantau ternak-ternak mereka yang dikelola peternak lokal, KPMK lantas membuatkan aplikasi.

“Sehingga investor tidak perlu datang ke kandang memantau kondisi ternak mereka. Saat ini aplikasi itu masih berbasis website dan mobile,” kata Afif.

Di sisi lain, KPMK menanggapi positif tantangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengembangan startup bidang pertanian. Jokowi mengatakan startup di Indonesia tertinggi keenam di dunia.

Tetapi, startup paling besar masih di fintech 23 persen, retail 14 persen. Sementara, startup bidang pangan masih rendah dengan capaian 4 persen.

Baca Juga: Super Kreatif! Limbah Jerami di Karanganom Klaten Ini Disulap Jadi Kertas

Pembina KPMK, Yusuf Murdani, mengatakan tantangan presiden itu tepat dalam konteks regenerasi petani.

“Soalnya anak muda senang dan memang dunia mereka adalah teknologi. Ini bisa menjadi pintu masuk mengajak anak muda agar mau bertani,” kata dia.

Namun, Yusuf menilai hal itu perlu diimbangi dengan dukungan dari pemerintah mulai dari permodalan hingga pelatihan.

“Semakin banyaknya anak muda yang tertarik di dunia pertanian, idealnya pemerintah mendukung dari segi modal dan pasar. Selain itu, edukasi tentang teknologi bidang pertanian harus masif, terukur, dan sistematis,” kata Yusuf.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 6 Desember 2022, Hujan Sampai Petang

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Hujan Lebat Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 6 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diskominfo SP Solo Sebut 9.265 STB Gratis Sudah Dibagikan ke Warga Tak Mampu

      Diskominfo SP Solo menyebut sebanyak 9.265 unit set top box atau STB TV digital gratis dari Kemenkominfo saat ini sudah dibagikan kepada warga tak mampu di Kota Bengawan.

      Gibran Tegaskan Nama Jl Diponegoro Solo Tak Dihapus tapi Dipindah ke Jalan Lain

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan wacana penggantian nama Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura bukan berarti menghilangkan nama pahlawan nasional tersebut.

      Nikahan Kaesang, Pejabat Polda Jateng Jajal Naik Becak Vastenburg-Mangkunegaran

      Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho melakukan simulasi naik becak untuk tamu acara nikahan Kaesang Pangarep dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran Solo.

      STB Mahal, Warga Sukoharjo Kecewa Tidak Bisa Nonton Piala Dunia

      Harga set top box (STB) melambung tinggi setelah siaran televisi terestrial analog dihentikan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Kandang di Pinggir Jalan Raya, Sapi Milik Lansia Nguntoronadi Raib Dicuri

      Satu ternak sapi betina milik lansia asal Nguntoronadi, Wonogiri diduga digondol maling pada Senin (5/12/2022).

      Wah! Sudah Punya 250 Guru Besar, UNS Solo Kukuhkan 4 Orang Lagi Besok

      UNS Solo bakal mengukuhkan empat guru besar baru sehingga menambah jumlah total guru besar di kampus tersebut menjadi 254 orang.

      20 Ekor Kobra Ditangkap di Kebakkramat, Enam Lainnya Masih Berkeliaran

      Tim Exalos Indonesia yang mengevakuasi 20 anak ular kobra itu menduga masih ada enam kobra lainnya yang masih berkeliaran di sekitar rumah milik Estik.

      Catat! Ini Lokasi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di CFD Solo

      Ada sembilan panggung hiburan di sepanjang area CFD Jl Slamet Riyadi Solo saat acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi.

      Ngeri! Tim Exalos Indonesia Evakuasi 20 Kobra dari Rumah Warga Kebakkramat

      Belasan ekor anakan ular kobra di Kebakkramat itu dievakuasi selama tiga hari pencarian.

      Pemuda Melikan Klaten Bikin Paket Wisata Edukasi Gerabah, Harganya Terjangkau

      Para pemuda sentra kerajinan gerabah putaran miring di Dukuh Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi membikin paket wisata edukasi.

      Pencarian Pria Hanyut Asal Sukoharjo di Kahyangan Wonogiri Terkendala Cuaca

      Tim search and rescue (SAR) Wonogiri masih terus melanjutkan pencarian terhadap orang hanyut di sungai di kawasan wisata Kahyangan, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo sejak Minggu (4/12/2022).

      Tak Hanya Jembatan Jurug, Bangunan Warisan Paku Buwono X Lain juga Tangguh

      Jembatan Jurug A warisan Paku Buwono X sampai saat ini masih tangguh, meski pernah dibom berulang kali, sama seperti bangunan lain yang dibangun di era yang sama.

      Polwan Polres Klaten Bagikan Paket Sembako di Ngawen

      Polres Klaten menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada warga di Kecamatan Ngawen, Senin (5/12/2022).

      Laporkan Percobaan Bunuh Diri Melalui 110, Kapolres Sukoharjo Apresiasi Warga

      apolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengapresiasi masyarakat Sukoharjo yang telah menggunakan call center 110 untuk melaporkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).