Saking Banyak Warganya Yang Kembar, Desa di Klaten Sampai Dijuluki Desa Kembar
Desa Jonggrangan di Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, memiliki keunikan dengan jumlah warga kembarnya yang banyak. (detik.com)

Solopos.com, KLATEN -- Ada satu desa di Klaten yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki desa lain. Desa itu adalah Jonggrangan di Kecamatan Klaten Utara. Yang bikin unik adalah ada banyak warga desa ini yang lahir kembar.

Jadi jangan aneh bila Desa Jonggrang disebut juga Desa Kembar. Juga jangan aneh apabila Anda bertemu orang dengan wajah mirip-mirip jika suatu saat berkesempatan mengunjungi Desa Jonggrangan.

Kepala Desa Jonggrangan, Sunarno, mengatakan sekitar 30 warganya adalah orang kembar. Mereka tersebar di lima dukuh/dusun dari total 10 dukuh di Desa tersebut. "Ada yang kembar identik, ada yang dampit (laki-perempuan). Jumlahnya terakhir sekitar 15 pasang atau 30 orang, itu yang saat ini masih hidup," kata Sunarno, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Wow! Lukisan Sepanjang 32,4 Meter Gambarkan Bahaya Sampah

Desa Jonggrangan berada di timur laut pusat kota Klaten. Desa itu didiami sekitar 4.300 jiwa. Sunarno mengaku tidak tahu asal usul banyak turunan kembar di desanya. Ia sebatas mengetahui desanya telah lama dikenal sebagai desa orang kembar dan menuai sorotan publik luar sejak akhir 1990-an.

"Tidak ada cerita penyebabnya apa dan mulai kapan. Kalau saya menduga ya mungkin sejak si mbah si mbah dulu ada yang kembar jadi saya kira ini penyebabnya genetik," jelasnya.

Sunarno menambahkan, warga yang kembar tumbuh normal hingga dewasa. Namun, lantaran banyak orang kembar, acapkali muncul cerita kekeliruan warga maupun pendatang yang salah menyapa karena kemiripan wajah.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom