SOLOPOS.COM - Ilustrasi oseng mercon, kuliner khas Jogja. (IG @osengmerconbunartijogja)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan destinasi wisatanya, tetapi juga dengan keragaman kulinernya. Salah satu kuliner khas yang menjadi primadona yaitu oseng mercon.

Kuliner bercita rasa pedas itu diolah dari daging sapi atau tetelan dan dimasak menggunakan cabai dengan jumlah yang sangat banyak. Bagi Anda yang doyan dengan kuliner pedas wajib mencobanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada banyak warung yang menjajakan kuliner oseng mercon ini. Berikut ini beberapa lokasi warung oseng mercon di Yogyakarta:

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti merupakan pelopor oseng mercon di Jogja dan sudah berjualan sejak 1997. Lokasi jualannya ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 110, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Warung ini mulai buka pada sore hari, yakni pukul 16.00 hingga 23.00 WIB.

Olahan Oseng Mercon Bu Narti begitu empuk, meski terbuat dari tetelan yang didominasi dari lemak serta urat, cita rasa pedasnya pun begitu nampol dan bikin nagih sejak suapan pertama.

Seporsi nasi dan oseng mercon dihargai Rp28.000 baik yang dicampur maupun dipisah. Tersedia pula lauk pendamping lain seperti ayam bacem, ati ampela, leher dan ceker ayam, tempe, dan tahu bacem yang harganya berkisar dari Rp5000 – Rp15.000-an.

  1. Oseng Mercon Mas Toni

Warung berikutnya Oseng Mercon Mas Toni. Lokasinya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 87, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta. Lokasi warung ini mudah dijangkau, yaitu sekitar 1 kilometer ke arah barat dari Titik Nol KM Jogja.

Oseng Mercon Mas Toni tidak hanya terbuat dari daging atau tetelan saja, tetapi juga tersedia oseng mercon ayam, ati ampela, ceker, babat, udang, cumi, dan lainnya. Oseng mercon Mas Toni punya citara pedas, gurih, dan manis. Satu porsi oseng mercon daging ini hanya Rp22.000. Sedangkan varian oseng mercon lainnya harganya mulai Rp17.000-Rp24.000 per porsi. Warung ini mulai buka pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

  1. Oseng Mercon Mbok Sum

Selanjutanya, Oseng Mercon Mbok Sum yang lokasinya di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 21, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta atau sekitar 100 meter ke arah barat dari Titik Nol Km.

Seperti warung oseng mercon pada umumnya, warung Mbok Sum ini juga menyajikan menu yang serupa. Namun, ada juga beberapa menu lain yang disediakan, seperti ayam, bebek, burung dara, ati ampela, telur bacem, dan satai usus.

Satu porsi oseng mercon tanpa nasi dihargai Rp20.000. Warung ini mulai buka pukul 19.00 WIB-04.00 WIB.

  1. Sego Pedes Bu Tuti

Warung selanjutnya yaitu Segor Pedes Bu Tuti. Warung ini mernawarkan aneka makanan pedas termasuk oseng mercon. Satu porsi nasi dan oseng mercon komplit seharga Rp32.000. Satu porsi oseng mercon ini disajikan dengan tewel pedas, krecek pedas, ayam suwir disiram kuah areh, telur balado, dan remahan rempekek.

Selain oseng mecon, warung ini juga menyediakan menu lain yang harganya mulai Rp12.000 hingga Rp28.000. Warung makan ini juga menyediakan lauk lain seperti tempe dan tahu bacem, iso, babat, dan paru.

Warung Bu Tuti ini mulai buka pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Warung ini berlokasi di Jalan Laksa Adisucipto No. 21, Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Siap-siap Gobyos! Ini Rekomendasi Warung Oseng Mercon di Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya