Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

 Balai Kota Solo. (Surakarta.go.id)

SOLOPOS.COM - Balai Kota Solo. (Surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO — Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo rampung digelar pada Selasa (21/9/2021). SKD tersebut diikuti oleh 5.810 pelamar CPNS dengan 126 formasi.

Sementara SKD bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) non-guru sejumlah 422 dengan 316 formasi digelar pada 16-21 Oktober 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Solo, Nur Hariyani mengatakan seleksi kali ini berdaya saing tinggi mengingat banyaknya peserta yang sukses meraih nilai tinggi. Mereka tak hanya melampaui passing grade, tapi juga mencapai nilai hampir sempurna.

“Dibandingkan tahun lalu, pesertanya lebih berkualitas tahun ini karena dalam satu sesi itu nilainya yang mendekati sempurna ada banyak. Padahal, setiap formasi hanya diambil tiga orang dengan nilai teratas. Bisa jadi mereka nilainya tinggi enggak lolos seleksi karena akan membandingkan komponen SKD, yakni tes kompetensi dasar, tes pengetahuan umum dan, tes wawasan kebangsaan,” kata dia, kepada Solopos.com, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Bayangan Hitam Terekam CCTV di Wonogiri Bergerak Seperti Binatang

Dari 5.810 peserta, total yang tidak hadir mencapai 963 orang. Di mana enam di antaranya izin karena terpapar Covid-19 dan seorang mengalami konstraksi dan dirujuk melahirkan saat akan mengikuti tes. Mereka dijadwalkan mengikuti tes pada 15 Oktober 2021 setelah seluruh peserta merampungkan SKD.

“Nilainya banyak yang bagus di atas 400, padahal passing grade 311, satu formasi hanya diambil tiga teratas sehingga persaingan tinggi untuk mengikuti SKB (seleksi kompetensi bidang),” ucapnya.

Baca juga: Gibran: Random Testing di Solo Lanjut, Klaster PTM Harus Diselidiki

Pelaksanaan SKB bakal berlangsung pada November 2021. Apabila tiap formasi diambil tiga orang, maka jumlah pesertanya sekitar 300an orang. Sehingga, jumlah pelamar yang tersingkir mencapai 4.000an. Sementara untuk seleksi PPPK non-guru, panitia yang terlibat masih lokal.

“Berbeda dengan PPPK guru yang seluruhnya digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tes sudah digelar beberapa waktu lalu di SMKN 2 Solo. Informasinya tes susah, banyak yang mengeluh. Tapi nantinya yang gagal kan masih bisa mengikuti tes lagi. Ya, keluhan itu disampaikan kepada walikota. Kami sendiri tidak terlibat dalam tes itu sehingga tidak mengetahui bagaimana tesnya,” jelas Haryani.


Berita Terkait

Berita Terkini

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.