Saiful Arifin, Wabup Sekaligus Bos PSG Pati

Namanya tiba-tiba mencuat karena kobtribusinya dalam sepakbola nasional dengan mengakuisisi klub sepakbola Jawa Timur, PSG Gresik dan kini menjadi PSG Pati.

 Saiful Arifn, Wakil Bupati Kabupaten Pati dan salah satu pemegang saham PSG Pati (Instagram/@massaifularifin)

SOLOPOS.COM - Saiful Arifn, Wakil Bupati Kabupaten Pati dan salah satu pemegang saham PSG Pati (Instagram/@massaifularifin)

Solopos.com, PATI — Saiful Arifin adalah pengusaha muda dan politikus yang saat ini menjabat sebagai Waki Bupati (Wabup) Kabupaten Pati, Jawa Tengah periode 2017-2022 bersama Haryanto yang merupakan pemegang  jabatan sebagai bupati. Namanya tiba-tiba mencuat karena kobtribusinya dalam sepak bola nasional dengan mengakuisisi klub sepak bola Jawa Timur, PSG Gresik dan kini menjadi PSG Pati.

Dilansir dari Patikab.go.id, Senin (27/9/2021), awal kariernya, pria kelahiran Mojoagung, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, 21 April 1974 ini pernah menggeluti  bisnis penjualan DVD di Pasar Raya DIK Jakarta. Sedikit demi sedikit, penghasilan yang dia peroleh dari penjualan DVD, disisihkan hingga akhirnya dia bisa membuka sebuah konter voucher/pulsa telpon genggam, penjualan telpon genggam dan sebagainya.

Berawal dari sana, dia mengembangkan bisnisnya dari satu unit usaha menjadi 20 unit gerai Halo Telkomsel di Jakarta sampai mendirikan perusahaan sendiri bernama PT Arifindo Mandiri. Pada Juli 2006, bisnis yang dia geluti menjadi salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar se-Indonesia.

Baca Juga: Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Dia juga sering diundang di berbagai seminar untuk memberikan motivasi tentang kewirausahaan kepada para pemuda. Dia juga banyak terlibat dalam berbagai organisasi, seperti Ketua HIPMI Jakarta Selatan (2014-2017), Manager PERSI Pati (2014-2017), Manager SAFIN FC (2015-2020), Komite Bidang BUMN KADIN (2016-2021), Wakil Ketua DPP KBM (Kesatuan Banteng Muda) Kemaritiman (2015-2020) dan Ketua Bidang Usaha DPP Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (2015-2020).

Pada Pilkada 2017, Saiful terpilih sebagai Calon Wakil Bupati Kabupaten Pati, menemani Haryanto sebagai calon bupati. Pasangan Haryanto-Saiful ini merpakan calon tunggal, usungan PDI-P yang berlaga di Pilkada 2017 di Kabupaten Pati melawan kotak kosong.

Singkatnya pasangan Haryanto-Saiful ini berhasil meraup 523.482 suara dari 695.486 atau 75,27 persen. Haryanto merupakan Bupati Petahana yang berhasil menarik minat delapan dari sembilan partai politik yang berkuasa di Kabupaten Pati. Kedelapan parpol tersebut, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PKB, Demokrat, Golkar, Hanura, PKS dan PPP dengan total dukungan 46 kursi.

Baca Juga: Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Akuisisi PSG Gresik Menjadi PSG Pati

PSG Pati
PSG Pati (Instagram/@psg_pati)

Saiful  mengakuisisi PSG Gresik saat klub ini mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Akhirnya, klub tersebut diakuisisi oleh Saiful dan karena dia adalah putra daerah Kabupaten Pati dan sebagai salah satu haknya yang mengakuisisi PSG Gresik bisa memindahkan basis klub sepak bola. Kemudianbasis PSG Gresik dipindahkan ke Kabupaten Pati dan nama PSG Gresik diubah menjadi PSG (Putra Safin Group) Pati.

Akuisisi ini membuat nama Saiful mencuat karena fasilitas yang dia berikan untuk PSG Pati terbilang menghebohkan untuk dunia sepakbola nasional, salah satunya adalah dengan membuka Safin Footbal Academy, sebuah sekolah pengembangan bakat dan minat sepakbola yang berlokasi di markas PSG Pati di Mojoagung.

Pada tahun 2021, Saiful menyerahkan saham mayoritas PSG Gresik kepada Youtuber ternama Indonesia dengan pengikut puluhan juta di platform digital, Atta Halilintar. Selain Atta, rekan sesama pengusaha Atta, Putra Siregar juga menjadi salah satu pemegang saham di klub PSG Pati ini. Awalnya nama PSG pati ini diganti oleh Atta dengan nama AHHA PS Pati FC, namun karena belum diresmikan PSSI lewat kongres, maka nama PSG Pati masih dipakai di laga pertandingan, seperti Liga 2 yang saat ini berlangsung.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Kronologi Lengkap Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan

Berikut kronologi lengkap pembunuhan perempuan yang dilakukan Agus Supriyanto hingga mayat janda berinisial DS, warga Pemalang dibuang di hutan Grobogan.

Duh, Penangguhan Penahanan Ditolak, Mbah Minto Demak Tetap Dibui

Permintaan penangguhan penahanan terhadap kakek penjaga kolam ikan di Demak yang gagalkan aksi pencuri, Kasminto alias Mbah Minto, ditolak hakim Pengadilan Negeri (PN) Demak.

Ini Cara Pelaku Lakukan Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan

Agus Supriyanto, 37, menghabisi perempuan berinisial DS yang dibuang di hutan Grobogan di dalam mobil saat perjalanan ke Pemalang.

Kawasan Geopark Kebumen Digadang-Gadang Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Terdapat juga 41  situs geologi yang menjadi situs utama di dalam kawasan Geopark Karangsambung-karangbolong. Situs tersebut dilengkapi dengan delapan situs biologi dan 10 situs budaya.

Begini Kabar Terbaru Mbah Minto, Kakek di Demak yang Bacok Pencuri

Kasiminto alias Mbah Minto, kakek penjaga kolam ikan di Demak yang bacok pencuri mulai menjalani sidang perdana atas kasus penganiayaan.

Pelaku Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan, Berniat Nikahi Korban

Agus Supriyanto, 37, warga Mranggen, Demak pelaku pembunuhan perempuan berinisial DS, 32, sebenarnya berniat menikahi korban.

Pakar Bagi Tips Komunikasi Antarbudaya dalam Profesi PR di Webinar UKSW

Melalui teknologi informasi orang-orang dapat dihubungkan namun melalui teknologi informasi pula orang-orang dipisahkan dari kelompoknya.

Diguncang Gempa Swarm, Ratusan Warga Ambarawa Mengungsi

Ratusan warga di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) memilih mengungsi dari rumah akibat rentetan gempa atau gempa swarm yang terjadi di Salatiga-Ambarawa.

Jajal Resep Bongko Mento, Penganan Khas Buka Puasa nan Gurih dan Nikmat

Bongko Mento ini merupakan olahan kue dadar yang diisi dengan tumisan suwiran dada ayam dan potongan sayur, seperti jamur kuping dan soun.

Pemprov Jateng Kebut Vaksinasi Covid-19 Lewat 3 Program Ini

Pemprov Jateng berupaya melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran lansia melalui program layanan mobil keliling, vaksinasi massal door to door, dan membuka gerai vaksin.

Pelaku Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan, Terancam Hukuman Mati

Agus Supriyanto, 37, tersangka pembunuhan korban berinisial DS yang mayatnya dibuang di hutan, atas perbuatannya pelaku terancam hukuman mati.

Pembunuh Perempuan di Hutan Grobogan Tertangkap, Ini Identitasnya

Aparat kepolisian menangkap pelaku pembunuhan perempuan yang mayatnya ditemukan terbungkus plastik di hutan Grobogan.

Rentetan Gempa Terjadi di Salatiga-Ambarawa, Ini Pesan Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat tidak panik terhadap peristiwa rentetan gempa di Salatiga, dan Kabupaten Semarang, khususnya Ambarawa.

Pengurus Baru IPHI Sidorejo Salatiga Dilantik, Ini Ketuanya

Setelah tertunda setahun akibat pandemi Covid-19, pengurus baru IPHI Sidorejo, Kota Salatiga, dilantik.

Beredar Video Tol Batang-Semarang Akan Ditutup Total, Ini Faktanya

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memberikan klarifikasi terkait beredar video yang menyebutkan Tol Batang-Semarang akan ditutup pada 25 Oktober hingga 4 November.

Ratusan Ribu Batang Rokok Disita Bea Cukai Kudus

Sebanyak 358.560 batang rokok ilegal disita Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus, Jawa Tengah.