SOLOPOS.COM - Pialang beraktivitas di galeri bursa saham Frankfurt, Jerman,(JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Pialang beraktivitas di galeri bursa saham Frankfurt, Jerman, Kamis (6/9/2012). Keputusan sidang Bank Sentral Eropa diperkirakan membawa pengaruh positif pada IHSG di Jakarta, Jumat. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

JAKARTA–Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (7/9/2012) diprediksi akan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat. Analis PT Sinarmas Sekuritas James Wahjudi mengatakan hasil rapat Bank Sentral Eropa (ECB) mengenai kebijakan moneter akan memberikan sentimen terhadap indeks.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya, dalam pertemuan tersebut, ECB akan membahas detail rencana pembelian obligasi negara-negara yang bermasalah di zona Euro termasuk Yunani dan Spanyol. “Pengumuman tingkat suku bunga bank sentral Inggris dan data-data ekonomi yang dirilis terutama initial jobless claims Amerika Serikat, juga akan memberikan sentimen tambahan,” katanya, Kamis (6/9/2012).

Angka support dan resistance akan berada di rentang 4060-4130. Adapun James merekomendasikan saham BBRI, ITMG, PGAS, dan ISAT untuk dicermati trader. Pada perdagangan Kamis (6/9/2012), IHSG ditutup pada level 4.102,85, naik 27,5 poin atau 0,67%. Sementara indeks Bisnis27 juga naik 2,35 poin atau 0,68% menjadi 346,81.

Nilai transaksi harian tercatat Rp3,09 triliun. Adapun investor asing tercatat membukukan jual bersih Rp193 miliar terhadap saham UNTR, AALI, dan TLKM. Hampir semua sektor saham tercatat naik dipimpin oleh sektor aneka industri dan konsumer yang menghijau 1,26% dan 1,04%. Di sisi lain, sektor perdagangan dan agri terkoreksi 0,41% dan 0,52%.

Indeks menguat di tengah sentimen data-data ekonomi yang cenderung memburuk, seperti data Produk Domestik Bruto (PDB) Australia kuartal II yang tumbuh di bawah perkiraan sebesar 0,6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya