SOLOPOS.COM - Sahabat Klub dan perwakilan manajemen Daihatsu berfoto bersama pada acara kunjungan pabrik di Karawang pada Sabtu (22/7/2023). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM), salah satu produsen otomotif dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia, mengajak Sahabat Klub untuk mengunjungi salah satu pabrik perakitan yang berlokasi di Karawang pada 22 Juli 2023.

Lebih dari 90 peserta Sahabat Klub yang merupakan perwakilan dari 21 komunitas Daihatsu yang terdaftar resmi, mengikuti acara bertajuk Daihatsu Official Club Plant Visit itu. Fasilitas perakitan Karawang Assembly Plant yang diresmikan lebih dari satu dekade lalu, tepatnya pada 2013 tersebut belokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang Timur.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Fasilitas perakitan itu sekaligus melengkapi beragam fasilitas pabrik ADM lainnya yang juga berada di Sunter. Fasilitas ini berdiri di atas lahan seluas lebih dari 90 hektare dan memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per-tahun.

“Semoga acara ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan, sekaligus gambaran menyeluruh kepada para pelanggan Sahabat Klub tentang proses membuat sebuah kendaraan dari awal sampai dengan dapat dinikmati pelanggan. Daihatsu senantiasa berusaha menyediakan pilihan produk berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Roberto Bellarmino, Head, Karawang Assembly Plant Production Division, PT Astra Daihatsu Motor, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Kamis (27/7/2023).

Kunjungan pabrik Daihatsu di Karawang Assembly Plant oleh beberapa perwakilan Sahabat Klub Daihatsu pada 22 Juli 2023.
Kunjungan pabrik Daihatsu di Karawang Assembly Plant oleh beberapa perwakilan Sahabat Klub Daihatsu pada 22 Juli 2023.

Dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact), fasilitas perakitan terpadu ini memiliki lima tahapan pembuatan mobil Daihatsu dari awal hingga menjadi mobil secara utuh yang siap didistribusikan untuk dapat dinikmati pelanggan seperti pada berikut:

1. Press Shop: Lembaran pelat baja dibentuk oleh mesin press sehingga menjadi bagian body mobil.
2. Body Shop: Proses pengelasan (welding) di mana bagian-bagian mobil disatukan menjadi satu bagian utuh dengan menggunakan teknologi robotik.
3. Painting Shop: Pengecatan mobil dengan teknologi robotik yang menghasilkan kualitas pengecatan tinggi.
4. Assembly Shop: Proses perakitan mobil dan pemasangan spare parts dengan sistem terintegrasi untuk menjamin kualitas dan efisiensi yang tinggi.
5. Quality Shop: Pengecekan kualitas kendaraan, meliputi kualitas pengecatan bodi, fungsi kendaraan, water leakage (kebocoran air), dan sebagainya untuk siap didistribusikan kepada pelanggan.

Pabrik perakitan Karawang Assembly Plant merupakan pabrik ke-5 yang dibangun ADM setelah Sunter Press Plant yang diresmikan pada Mei 1978, menyusul Karawang Engine Plant (1983), Karawang Casting Plant (1997), dan Sunter Assembly Plant (1998).

“Kami mengapresiasi Daihatsu atas kesempatan berkunjung ke pabrik terbesar di Karawang. Pengalaman ini benar-benar luar biasa bagi kami, sekaligus menambah wawasan untuk lebih mengerti tahapan dalam proses pembuatan mobil dari awal hingga bisa kita nikmati,” ungkap Tien, perwakilan member Calya Sigra Club (CALSIC) yang hadir pada acara kunjungan Daihatsu Plant Visit di Karawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya