SOLOPOS.COM - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Solopos.com, JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Pelantikan Yudo Margono dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, Senin (19/12/2022).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Jokowi pun berpesan agar Laksamana Yudo Margono dapat menjaga kedaulatan NKRI saat menjabat sebagai Panglima TNI serta dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara khususnya dalam menghadapi ketidakpastian global yang diprediksi terjadi pada tahun mendatang.

“Kemudian, saya harap [Yudo] dapat menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang sudah paling tinggi, kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan,” tuturnya kepada wartawan di Istana Negara, Senin (19/12/2022).

Tidak hanya itu, seusai pelantikan Yudo Margono, Jokowi juga meminta agar Yudo Margono dapat menjaga netralitas TNI, khususnya dimaksudkan agar setiap personel TNI tidak mudah untuk terjun ke dalam politik praktis.

Baca Juga: Kapolri Dampingi KSAL Dites DPR, Buktikan Polisi dan Tentara Solid

Selain itu, seusai pelantikan Yudo Margono, Jokowi juga meminta agar ke depan sinergi TNI dan Polri dapat terjaga sehingga kondusivitas Negara juga ikut terpelihara.

“Ini penting yaitu stabilitas politik, stabilitas keamanan penting dalam rangka pembangunan negara, pembangunan ekonomi kita, dalam situasi yang tidak pasti karena ketidakpastian global,” jelas Jokowi.

Pelantikan Yudo Margono sebagai panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember 2022 ini.

Pelantikan Yudo berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Yudo Margono Resmi Panglima TNI, Ini Pesan Jokowi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya