Sah Jadi Capres-Cawapres, Jokowi-Ma\'ruf & Prabowo-Sandi Dikawal 37 Polisi
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) memeluk Hanifan Yudani Kusumah (tengah) di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, DKI Jakarta, Rabu (29/8/2018). (Instagram-@prabowo)

Solopos.com, JAKARTA -- Setelah sah menjadi calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan dikawal setiap orangnya oleh 37 personel kepolisian.

Wakapolri Komjen Pol Ari Dono mengatakan bahwa sejak dimulainya pendaftaran, Polri telah melakukan kegiatan operasi pengamanan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. Hal ini termasuk pengamanan khusus untuk capres dan cawapres.

“Sudah disipakan jumlah personel bahwa setiap orang dikawal 37 personel yang sudah dilatih sedemikian rupa untuk kesiapan pengamanan yang akan melekat setelah penetapan ini 1x24 jam,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Ari menjelaskan bahwa dalam dua bulan terakhir para personel telah melakukan tes kesehatan fisik dan kesehatan. Sementara itu, secara keseluruhan untuk wilayah Jabodetabek, Polri menyiapkan 452 anggota yang terdiri atas ajudan, pengawal pribadi, pengamanan dan pengamatan, serta pengawalan lalu lintas.

Di luar wilayah itu setiap polda setempat sudah melaksanakan kegiatan pengamanan mulai dari penjemputan capres-cawapres sampai ke lokasi kegiatan. Ari mengungkapkan bahwa untuk Jokowi sebagai capres petahana tetap berlaku pengamanan pasukan pengamanan presiden.

Kecuali jika kegiatan yang di luar tugas sebagai kepala negara, maka itu dikecualikan termasuk menggunakan fasilitas pemerintah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom