Pimpinan DPRD Klaten periode 2019-2024 dilantik di gedung Paripurna DPRD Klaten, Jumat (4/10/2019). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN -- Empat pimpinan DPRD Klaten periode 2019-2024 dilantik di Ruang Rapat Paripurna DPRD Klaten, Jumat (4/10/2019).

Mereka yakni Hamenang Wajar Ismoyo dari PDIP (ketua), Triyono dari Partai Golkar (wakil ketua)), Marjuki dari PKS (wakil ketua), dan Haryanto dari Partai Gerindra (wakil ketua)).

Pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD itu dipandu Ketua Pengadilan Negeri (PN) Klaten, Albertus Usada.

Hamenang menggantikan Agus Riyanto yang sudah dua periode menjabat Ketua DPRD Klaten. Hamenang yang lahir pada 26 November 1988 menjadi pimpinan termuda di DPRD Klaten periode 2019-2024.

Baca juga: Belasan Eks Legislator Tak Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Klaten 2019-2024

Pria tersebut memasuki periode kedua setelah terpilih kembali pada Pemilu 2019. Meski pimpinan DPRD sudah dilantik, kinerja DPRD Klaten belum bisa berjalan optimal.

Alat kelengkapan (alkap) DPRD seperti Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D), komisi-komisi, serta Badan Kehormatan belum terbentuk.

Lantaran hal itu, Hamenang meminta masing-masing fraksi segera mengusulkan keanggotaan yang bakal ditempatkan di alkap.

“DPRD tidak bisa melaksanakan agenda yang sudah menumpuk selama alkap belum terbentuk. Untuk itu, masing-masing fraksi kami minta menyusun penempatan keanggotaan fraksi dalam alkap secara merata sesuai kompetensinya,” kata Hamenang.

Baca juga: 9 Srikandi Melenggang ke DPRD Klaten, 2 Di Antaranya Ibu dan Anak

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pelantikan pimpinan DPRD itu menjadi momentum mempererat hubungan legislatif dan eksekutif. Dia menjelaskan DPRD memiliki tiga fungsi legislasi, anggaran, serta pengawasan.

“Masih banyak program yang harus dilaksanakan Pemkab. Saya berharap jajaran DPRD dan pemangku jabatan lainnya untuk bersama-sama bersinergi. Berhasil tidaknya pembangunan daerah di Kabupaten Bersinar salah satunya tergantung peran serta DPRD,” kata Mulyani.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten