SOLOPOS.COM - Profil Picture Mark Zuckerberg. (Istimewa)

Safety Check Facebook justru menuai kritik di media sosial.

Solopos.com PARIS – Facebook membuat fitur baru demi mengobarkan solidaritas kebada korban serangan teroris di Paris, Prancis. Fitur yang disebut Safety Check ini memungkinkan pengguna mengunggah foto dengan watermark bendera Prancis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayangnya, fitur ini justru menuai kritik. Facebook dituding karena dianggap tak peduli pada tragedi yang terjadi di Bairut, Lebanon.
Lewat akun Facebooknya, Mark Zuckerberg, founder sekaligus CEO Facebook, menjelaskan kenapa fitur Safety Check diaktifkan dan tidak saat kejadian pemboman di Bairut maupun tempat lain.

“Hingga kemarin kebijakan kami hanya mengaktifkan Safety Check untuk bencana alam. Kami baru mengubah peraturan ini dan merencanakan untuk mengaktifkan Safety Check saat terjadi bencana kemanusiaan,” tulis bos Facebook.

Zuckerberg pun mengucapkan terima kasih untuk semua orang yang bertanya dan peduli terhadap fitur Safety Check. “Kalian benar ada banyak konflik penting di dunia. Kami peduli dengan kesetaraan orang. Kami akan berusaha keras menolong orang dalam situasi konflik sebanyak yang kami bisa” ujarnya.

Safety Check sendiri, fitur ini diluncurkan Facebook tahun lalu. Dilansir Huffingtonpost,Senin (16/11/2015), Facebook mulai mengembangkan Safety Check setelah melihat bagaimana orang-orang menggunakan media sosial saat bencana gemba bumi dan tsunami di Jepang pada 2011.

Saat usai terjadinya serangan di Perancis pada Jumat (13/11/2015) waktu setempat. Facebook mengaktifkan fitur Safety Check ini. Selama 24 jam, sebanyak 4,1 juta orang menandai dirinya aman menggunakan fitur ini. Dan sebanyak 360 juta orang menerima notifikasi bahwa temannya yang ada di Paris aman tanpa luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya