SOLOPOS.COM - Aston Martin Vantage F1 Edition (Dok. Aston Martin)

Solopos.com, JAKARTA -- Formula 1 2021 punya safety car yakni Aston Martin Vantage yang bisa dibeli oleh masyarakat umum dengan beberapa penyesuaian. Aston Martin Vantage F1 Edition dibuat untuk merayakan kembalinya Aston Martin ke motorsport.

Sebelumnya Aston Martin sempat absen sekitar enam decade dan mobil ini murni didasarkan dari safety car F1 musim ini. Mengutip Detikoto, Selasa (54/4/2021), mobil yang legal digunakan di jalan raya ini memiliki spek yang sama seperti safety car Formula 1.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di antaranya mesin V8 4.000 cc dari AMG yang tenaganya lebih besar 25 PS menjadi 535 PS/6.000 rpm. Ini akan menjadi Aston Martin Vantage paling bertenaga. Torsi puncak tetap tidak berubah, yakni 685 Nm dari 2.000 sampai 5.000 rpm.

Baca Juga : Mini E-Pacesetter Gantikan BMW I8 Jadi Safety Car Formula E 2021

Dari segi performa, akselerasi nol hingga 100 km/jam dilakukan dalam 3,6 detik (3,7 detik untuk roadster). Sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 314 km/jam (305 km/jam untuk roadster). Mesin buas itu dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan dari ZF yang menyalurkan tenaga ke roda belakang.

Aston Martin Vantage F1 Edition (Dok. Aston Martin)
Aston Martin Vantage F1 Edition (Dok. Aston Martin)

Di sisi sasis, kekakuan struktural depan telah ditingkatkan untuk memberikan respons kemudi yang lebih baik. Perubahan lain termasuk peningkatan per shock breaker belakang dan kekakuan lateral untuk menajamkan performa menikung dan meningkatkan traksi. Vantage F1 Edition juga mendapatkan velg 21 inci untuk yang dibalut ban Pirelli P Zero custom.

Mobil ini juga mendapatkan aerokit lengkap yang menghasilkan 200 kg lebih banyak downforce daripada Vantage standar pada kecepatan tertinggi. Mobil ini memiliki komponen seperti splitter depan lebar, front dive plans, underbody turning vanes dan sayap belakang yang besar.

Baca Juga : Tampilan Baru Safety Car MotoGP 2021 Dari BMW Makin Mentereng

Untuk menambah ganteng tampilan, Aston Martin Vantage F1 Edition ditambahkan grille khas, detail eksterior serat karbon, grafis unik, dan empat pipa knalpot. Pelanggan akan mendapatkan tiga pilihan warna bodi, termasuk Jet Black, Lunar White dan Aston Martin Racing Green.

Aston Martin Vantage F1 Edition (Dok. Aston Martin)
Aston Martin Vantage F1 Edition (Dok. Aston Martin)

Sedangkan di bagian interior, ada lapisan kulit Obsidian Black, serta trim Phantom Grey Alcantara, dengan pilihan garis kontras dan jahitan Lime Green, Obsidian Black, Wolf Grey atau Spicy Red. Aston Martin Vantage F1 Edition tersedia dengan pilihan bentuk coupe atau roadster. Mobil ini dijual harga mulai dari 142.000 poundsterling (Rp2,8 miliar) di Inggris. Aston Martin baru mulai penjualan mobil ini pada akhir Mei 2021.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya