Ilustrasi bayi (Freepik)

Solopos.com, TANGERANG – Seorang Asisten rumah Tangga di Tangerang, Banten, tega mencekoki anak majikannya yang baru berusia empat bulan dengan obat cetirizine. Obat cetirizine adalah obat antialergi yang efeknya menyebabkan sang bayi tertidur pulas dan sulit dibangunkan.

-tragis">Kisah tragis bayi yang dicekoki obat cetirizine diungkap oleh ibunya, Vierza Bellina melalui akun Instagram-nya @febevierza912. Vierza Bellina mengunggah video saat menginterogasi asisten rumah tangganya. Pada -tragis">video viral tersebut terlihat sang asisten rumah tangga sedang duduk dan menangis karena ketahuan telah menambahkan obat antialergi ke dalam susu anaknya.

Awalnya, Vierza Bellina ibu dari bayi bernama Great Christselle Natanael, curiga karena anaknya selalu tertidur saat dia pulang kerja. Pada malam hari, Great tidak pernah terbangun untuk minta susu atau rewel karena popoknya basah. Merasa khawatir, Vierza membangunkan sang bayi, tapi tak ada respons. Dia menganggap bayinya tertidur lelap tanpa mengalami gangguan apapun.

“Tiga pekan belakangan ini, anak kami Great selalu sudah tidur ketika saya pulang kerja. Awalnya saya enggak curiga. Lama-lama karena Great enggak pernah bangun minta susu atau ganti popok, saya membangunkannya. Saya bangunin tapi tidak ada respons,” tulis Vierza Bellina pada unggahan video di Instagram-nya.

Sampai akhirnya, Vierza Bellina -tragis">curhat kepada temannya soal permasalahan tersebut. Teman Vierza Bellina berasumsi kalau susu bayinya mungkin telah dicampuri obat tidur. Vierza sempat tidak percaya, karena asisten rumah tangganya dari awal pintar menenangkan bayi. Bahkan, anak pertama Vierza akrab dengan sang asisten rumah tangga sejak kali pertama bertemu.

“Akhirnya saya konsultasi ke teman saya. Dia bilang kemungkinan susu anak saya dicampuri obat yang bikin tidur pulas,” tambah Vierza Bellina.

Suatu ketika, Vierza Bellina membangunkan Great, tapi dia tidak berhasil. Kecurigaan tentang kondisi anaknya terkuak saat dia membuang susu di botol yang dibuat oleh asisten rumah tangganya. Vierza mencium bau yang berbeda dari botol susu tersebut. Lalu, dia membandingkan bau botol susu tersebut dengan susu basi.

“Saya buang susu sisa buatan ibu [asisten rumah tangga] di dalam botol. Enggak tahu, mungkin feeling seorang ibu, saya cium botolnya. Baunya seperti anggur merah. Lalu saya bandingkan aroma susu di botol dengan susu basi. Kok aromanya berbeda ya,” ungkap Vierza Bellina.

Kemudian, Vierza dan suaminya menginterogasi sang asisten rumah tangga. Sang asisten rumah tangga akhirnya mengakui perbuatan jahatnya mencampurkan obat ke dalam susu bayi. Dia juga memperagakan caranya memberikan obat antialergi ke dalam susu yang dikonsumsi anak Vierza Bellina. Sang asisten rumah tangga menambahkan obat antialergi itu sebanyak 0,5 ml yang melebihi dosis wajar.

Dilansir Detik Health, Jumat (16/8/2019), obat cetirizine merupakan obat antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala -tragis">alergi, seperti mata berair, hidung berarir, bersin, dan gatal-gatal. Cara kerja obat cetirizine adalah menghalangi zat alami yang disebut histamin selama reaksi alergi. Menurut dokter anak RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur, Arifianto, obat cetirizine memiliki efek samping kantuk setelah dikonsumsi. Selain itu, obat ini menyebabkan pusing, sakit kepala, hingga sakit perut.

“Tak berarti efek samping hanya muncul karena dosis lebih atau overdosis. Pada yang [dosis] tepat pun bisa menimbulkan efek samping yang sama,” ujar Arifianto.

Penggunaan obat cetirizine harus sesuai -tragis">resep dokter. Selain itu, obat cetirizine tidak disarankan diberikan kepada bayi di bawah usia enam bulan. Rentang usia pasien yang mengonsumsi obat itu minimal enam bulan sampai dewasa. Obat cetirizine tidak boleh dikonsumsi bayi yang tak memiliki indikasi alergi, terlebih hanya untuk membuat bayi tertidur.

“Obat itu aman bila diberikan sesuai indikasi, dosis, dan resep. Tidak boleh memberi efek samping [obat cetirizine] agar bayi mengantuk hanya karena bayi itu rewel,” tegas Arifianto.

Sampai sekarang, bayi Vierza Bellina, Great Christselle Natanael, masih muntah setiap minum susu. Dokternya mengatakan kalau lambung bayi itu masih penuh dengan gas dan dosis obat yang diberikan masih bekerja di tubuhnya. (Atina Firdausa Qisthi/Solopos.com)

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten