Sadar Kota Solo Tak Bisa Maju Sendirian, Ini Langkah Prioritas Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyadari Kota Solo yang miskin potensi alam tak bisa maju sendiri. Solo butuh sinergi dari daerah lain di Soloraya untuk maju.

 Talkshow Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Espos Indonesia)

SOLOPOS.COM - Talkshow Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Espos Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bertekad membangun Kota Bengawan dengan menggandeng seluruh kepala daerah di Soloraya. Ia menyadari Solo sebagai kota kecil tanpa potensi alam tak bisa maju sendirian, perlu dukungan dari daerah sekitar.

Pernyataan itu Gibran sampaikan dalam wawancara dengan Presiden Direktur (Presdir) Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo, di Museum Batik Keris Solo, Senin (17/1/2022). Statusnya sebagai kepala daerah termuda di Soloraya tak menjadi masalah.

PromosiPerempuan dalam Pusaran Terorisme

Justru dari para kepala daerah Soloraya yang lebih senior dan berpengalaman, Gibran mengaku bisa belajar banyak. “Ya malah bagus bisa ngasih masukan ke saya. Apalagi bupati-bupati Soloraya ini kan senior-senior semuanya,” terang putra sulung Presiden Joko Widodo ini.

Baca Juga: Buka Kejurkot PBSI Solo di UNS, Gibran Ingin Ada Joko Supriyanto Baru

Salah satu agenda prioritas Gibran dalam membangun Kota Solo di periode pertamanya sebagai Wali Kota adalah menghidupkan kembali kerja sama Soloraya.

“Ini sudah kami masukkan RPJMD [rencana pembangunan jangka menengah daerah] dan ini [Soloraya] harus digandeng lagi. Sekali lagi Solo tidak bisa jalan sendiri. Dan sering saya tegaskan kepada kepala-kepala OPD [organiasi perangkat daerah] Solo. Misalnya Dishub Solo, BST harus menjangkau Soloraya,” kata dia.

Selain itu, Gibran meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solo tidak hanya mempromosikan pariwisata di Kota Bengawan. Menurut dia, tidak masalah Solo mempromosikan wisata daerah lain di Soloraya.

Baca Juga: Wah, Gibran Sebut Persis Solo Bisnis Besar, Maksudnya Apa Ya?

Dia mencontohkan Situs Sangiran di Kalijambe, Sragen, atau De Tjolomadu di Colomadu, Karanganyar boleh saja dipromosikan oleh Pemkot Solo. “Enggak apa-apa, ini namanya kolaborasi. Dan sekarang Solo harus kolaborasi juga dengan Kota Jogja,” sambung dia.

Disinggung status sebagai putra Presiden Jokowi, Gibran tidak merasa terbebani. Sebab menurut dia masuk ke dunia politik bukan untuk pembuktian bisa melebihi pencapaian orang tuanya.

“Saya nothing to lose saja. Ngalir. Masalah kinerja, masalah prestasi, biar warga yang menilai. Saya enggak pengin show of force, bukan untuk pembuktian, bukan untuk melebihi orang tua saya. Tapi ini untuk warga Solo. Itu saja,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Pemkab Wonogiri Pantau Pasar Hewan untuk Cegah PMK, Ini Lokasinya?

Pemeriksaan hewan ternak di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Wonogiri dimulai sejak, Selasa (10/5/2022). Dari total 2.936 hewan ternak yang diperiksa, tak satupun memiliki gejala penyakit mulut dan kuku (PMK).

Siap-Siap! Satpol PP Solo Bakal Operasi Tertibkan PKL, Ini Sasarannya

Satpol PP Solo akan melakukan operasi penertiban pedagang kaki lima atau PKL yang dianggap sudah semrawut di beberapa lokasi.

Pemkab Klaim Belum Ada Hewan Ternak Terinfeksi PMK di Wonogiri

Pemkab Wonogiri mengklaim belum menemukan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah setempat, Kamis (19/5/2022).

Arus Lalu Lintas di TKP Kecelakaan Penggung Boyolali Kembali Lancar

Pada Kamis sore, arus lalu lintas di Jalan Solo-Semarang kawasan Penggung Boyolali kembali lancar. 

2 Orang Meninggal, Begini Kronologi Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo

Tragedi tabung gas bocor di salah satu rumah warga yang juga untuk tempat usaha pembuatan tahu di Krajan, Mojosongo, Solo, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Keren Lur! WGM Wonogiri akan Dilengkapi Jembatan Kaca Rp4,20 Miliar

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Bawakan Lagu "Rahasia" di Unsa, Geisha dan Astrid Bikin Penonton Riuh

Acara Music Showcase Unsa yang digelar Universitas Surakarta (Unsa) berlangsung meriah. Terlebih saat Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta yang mengelola Unsa, Astrid Widayani, berduet dengan vokalis Geisha.

Adaptif dengan Perubahan, Universitas Surakarta Hadirkan Geisha

Universitas Surakarta (Unsa) menghadirkan grup band Geisha dalam acara Music Showcase Unsa pada Kamis (19/5/2022).

2 Sapi di Plupuh & Tanon yang Terindikasi PMK Dibeli dari 2 Wilayah Ini

Sapi warga Tanon dan Plupuh yang terindikasi terjangkit PMK sebelumnya dibeli dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.

6 Ekor Sapi di Sragen Terindikasi Terkena PMK, Ini Langkah Disnakkan

Enam sapi di dua kecamatan di Sragen terindikasi terjangkit penyakit mulu dan kuku (PMK). Disnakkan bersama BBVet Wates telah mengambil sampel liur sapi tersebut untuk dicek lab.