SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BANJARMASIN — Kabut asap sebagai dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali menyelimuti Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Minggu (15/9/2019), kabut asap menyelimuti kota berjuluk seribu sungai itu sejak dini hari hingga pukul 10.00 WITA masih terlihat.

Akibat kabut asap tersebut jarak pandang maksimal 1 kilometer, bahkan ada yang hanya sekitar 500 meter atau 0,5 kilometer di kawasan tertentu. Sebagai contoh hingga pukul 08.30 Wita, jarak pandang di sekitar Jl A Yani KM 4,5 – KM 6 Banjarmasin hanya lebih kurang 0,5 kilometer. Sedangkan ke arah dalam Kota Seribu Sungai tersebut, jarak pandang hanya 1 kilometer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karena jarak pandang yang terbatas atau tidak bisa leluasa, para pengemudi mobilpun tidak dapat memacu kecepatan perjalanan guna menghindari kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Ekspedisi Mudik 2024

Warga masyarakat menyebut kabut asap yang kembali menyelimuti Banjarmasin disebabkan kebakaran hutan dan lahan yang kembali terjadi di beberapa kawasan di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut. Pada Sabtu (14/9/2019) lalu, cuaca panas terik berlangsung hampir satu hari penuh dan hanya sesekali terjadi embusan angin.

Kabut asap tipis bukan saja menyelimuti Banjarmasin, tetapi juga sampai wilayah Kota Banjarbaru yang menjadi pusat perkantoran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel. Salah satunya terlihat sekitar Bandara Sjamsudin Noor Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya