SOLOPOS.COM - Gunung Sinabung (Dok/JIBI/Bisnis)

Gunung Sinabung (Dok/JIBI/Bisnis)

Gunung Sinabung (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, MEDAN – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali meletus dan mengeluarkan material vulkanik berupa kerikil dan abu vulkanik, Sabtu (23/10/2013).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melaporkan pada hari itu , Gunung Sinabung kembali erupsi sebanyak tiga kali. Erupsi pertama terjadi pada pukul 21:26 WIB, kemudian pada pukul 21:38 WIB dan ketiga pada pukul 22.02 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

“Erupsi disertai hujan batu kerikil mengarah ke timur laut,” ungkapnya, Sabtu malam.

BNPB merekomendasikan agar Desa Kutagunggung, Kutarakyat, Sigarang-garang dan Sukanalu, harus dikosongkan karena berbahaya. Keempat desa tersebut terkena hujan kerikil dari Gunung Sinabung. Malam itu  petugas tanggap darurat dilaporkan tengah melakukan evakuasi warga yang tinggal di kaki Gunung Sinabung.

BNPB mencatat hingga Sabtu petang jumlah pengungsi mencapai 6.301 jiwa (1.983 KK). Pengungsi tersebar di 16 pos pengungsian. Diperkirakan pengungsi akan terus bertambah akibat peningkatan aktivitas Gunung Sinabung.

“Sebaran abu vulkanik sampai Medan. Hujan batu kecil jatuh di 4 desa dan sekitarnya,” jelasnya.

Hujan abu vulkanik terjadi di Medan dan sekitarnya sejak pukul 23.30 WIB. Tampak abu vulkanik di jalan-jalan utama Medan. Kendaraan yang melintas juga terlihat telah diselimuti abu vulkanik. Warga Medan dan sekitarnya dihimbau untuk menggunakan masker apabila beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, abu vulkanik mulai terasa mengganggu warga Medan.

“Tadi kami sedang makan di luar, tiba-tiba meja kami telah dipenuhi abu. Sudah semakin parah rupanya letusan Sinabung,” kata Anissa, seorang warga Medan, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya