SOLOPOS.COM - Aksi Keprihatinan ttg Sabda Raja (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Sabda Raja Jogja, JNM mencurigai ada maksud lain dari kelompok tertentu.

Harianjogja.com, JOGJA-Berdasarkan data yang diperoleh saat ini, Koordinator Jamaah Nahdliyin Mataram (JNM). Muhammad Alfuniam melihat ada indikasi sistematis kelompok-kelompok lain yang mendorong peniadaaan keterkaitan Mataram dan Islam. Sayangnya, ia enggan menjelaskan secara rinci data yang dimaksud.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

“Masih belum dapat kami sampaikan sekarang,” tuturnya di sela-sela aksi meruwat bumi Mataram dan mendoakan Sri Sultan HB X di Tugu Jogja, Minggu (17/5/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dijelaskannya, aksi yang dilakukan puluhan JNM kali ini merupakan aksi kedua setelah minggu lalu mengadakan pisowanan ke Kotagede. Serupa dengan kegiatan sebelumnya, JNM juga mengadakan acara doa bersama, tumpengan, serta pembacaan pernyataan sikap. Isi pernyataan sikap tersebut, meliputi, ajakan kepada rakyat Mataram di dalam dan luar Jogja untuk senantiasa mendoakan Sri Sultan HB X supaya diberi kesehatan, kekuatan, dan rahmat supaya dapat mengambil keputusan dengan bijak, seruan kepada pewaris Islam Jawa umtuk berdoa kepada Allah dan meruwat bumi Mataram dari unsur-unsur negatif yang ingin menghancurleburkan bangunan dan basis Mataram Islam Jawa, serta mengajak kelompok jaringan tertentu yang ingin mengubah pondasi Islam Jawa untuk kembali ke jalan yang benar sesuai dengan dunia batin dan sejarah Kraton Mataram.

Solahuddin, salah satu anggota JNM sekaligus orator dalam aksi tersebut, mengungkapkan, jika Islam tercabut dari akarnya, maka tidak menutup kemungkinan masyarakat akan melihat Islam seperti di Timur Tengah.

“Kami tidak ingin seperti itu, Islam yang kami inginkan seperti saat ini, yang akulturatif, yang lembut,” tegasnya.

Ia menambahkan, jika Mataram dipisahkan dari Islam dapat menimbulkan gejolak di masyarakat seperti larangan kegiatan keagamaan, orang beribadah digrebeg, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya