SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengecek kondisi kawasan taman kuliner di Jl. Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (3/6/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Proyek pembangunan taman kuliner di Jl. Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah berlanjut tahun ini. Rencananya, taman kuliner mulai dioperasikan tahun 2023.

Proyek pembangunan taman kuliner sudah dimulai sejak 2021. Kawasan taman kuliner menyambung dengan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang juga mulai dibangun tahun lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan sudah ada 17 kios yang dibangun pada proyek pembangunan tahun lalu. Rencananya, total kios di taman kuliner ada 47 kios.

“Kelanjutan tahun ini kami anggarkan Rp7 miliar untuk penyelesaian sehingga insyaallah bisa beroperasi pada tahun 2023,” kata Mulyani saat mengecek kawasan taman kuliner, Jumat (3/6/2022).

Mulyani menjelaskan konsep taman kuliner seperti food court di rest area jalan tol. Taman kuliner bisa beroperasi selama 24 jam.

Baca Juga: Ealah, Lombok Pedas Lur! Sambal Nasi Kucing di Hik Klaten Kena Dampak

“Untuk beroperasi selama 24 jam nanti tergantung dari para pengusahanya,” ungkap Mulyani.

Terkait pelaku usaha yang menempati taman kuliner, Mulyani mengatakan diutamakan untuk memindahkan para pelaku usaha kuliner di lokasi-lokasi yang ada pembangunan.

Disinggung taman kuliner untuk pemindahan pedagang alun-alun, Mulyani menjelaskan untuk pedagang kuliner alun-alun sudah disiapkan lokasi jualan yang baru di sepanjang Jl. Bali.

Lantaran pembangunan belum selesai, Mulyani menekankan saat ini taman kuliner belum dibuka. Dia meminta warga bersabar hingga proyek pembangunan rampung.

Baca Juga: Ini Bakpia Bayat Klaten yang Dipasarkan hingga Luar Jawa, Pernah Coba?

“Yang jelas, ini pembangunan belum selesai. Mohon bersabar dalam pemanfaatannya. Masih ada proyek kelanjutannya. Jangan dimanfaatkan terlebih dahulu [sebelum pembangunan rampung]. Justru kesannya malah semrawut,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lapangan, kios yang terbangun ada fasilitas wastafel serta meja dapur di masing-masing kios. Di depan kios terdapat kanopi. Kawasan di bawah kanopi rencananya digunakan bagi para pengunjung menikmati kuliner.

Salah satu pedagang di Jl. Mayor Kusmanto, Didik, 49, mengaku belum mengetahui kapan taman kuliner mulai dibuka. Selama ini sudah banyak pedagang yang berminat berjualan di lokasi tersebut.

“Semoga bisa secepatnya dan jualan semakin ramai,” kata pedagang angkringan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya