SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Hujan rintik-rintik yang mengguyur Kota Solo tak menyurutkan langkah warga, pengusaha, hingga kalangan pejabat datang ke Rumah Dinas Wali Kota di Loji Gandrung, Selasa (25/12/2018).

Sejak pagi mereka berduyun-duyun datang pada acara Open House yang digelar Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo untuk merayakan Natal. Mereka terlihat antre dan saling berdesak-desakan di teras Loji Gandrung untuk memberi ucapan selamat Natal kepada Wali Kota.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Atun, 56, warga Mangkubumen, misalnya, datang bersama tetangganya berjalan kaki menghadiri acara open house tersebut. “Tadi jalan kaki hujan-hujan pakai payung ke sini [Loji Gandrung] untuk bertemu Pak Wali dan Ibu [istri Wali Kota] untuk mengucapkan Selamat Natal,” ujarnya kepada Solopos.com.

Meskipun berbeda keyakinan, dia mengaku tidak masalah datang untuk sekadar mengucapkan selamat Natal. Baginya, Wali Kota adalah bapak yang ramah kepada siapa pun. Dia selama ini mengenal sosok Wali Kota yang ringan tangan membantu warga kurang mampu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pak Rudy sangat perhatian dengan warga cilik seperti kami. Jadi kami datang untuk ucapkan Natal, meski saya beragama Islam,” katanya yang mengaku mengenal sosok Wali Kota dan istri karena kerap bertemu saat mengikuti pengajian sebulan sekali di Loji Gandrung.

“Kalau saya pengajian di sini pasti ketemu Bapak dan Ibu. Beberapa kali juga diberi sembako,” katanya.

Tradisi tahunan ini dihadiri ribuan warga, tokoh masyarakat hingga kalangan pejabat. Sejak pukul 08.00 WIB, warga mulai berdatangan ke Loji Gandrung. Padahal open house baru dimulai pukul 09.30 WIB.

Antusiasme warga untuk bertemu dan mengucapkan selamat Natal kepada orang nomor satu di Kota Solo ini sangat tinggi. Mereka rela datang pagi dan antre untuk mengucapkan selamat Natal.

Tak ayal rumdin Wali Kota dipenuhi warga dan pejabat. Mereka berbaur menjadi satu menunjukkan plularisme, tak ada sekat baik ras, suku maupun agama. Terlihat suasana hangat dan kekeluargaan.

Wali Kota yang mengenakan busana batik menyalami satu per satu warga yang datang. Tak ada jejak kelelahan yang terlihat di wajahnya. Ditemani sang istri, E. Endang Prasetyaningsih, Wali Kota yang akrab disapa Rudy itu menyambut kedatangan warga.

Rudy bahkan tidak sungkan berfoto dengan masyarakat yang hadir. Namun kali ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika mereka datang mengucapkan selamat Natal dan berswafoto bersama wali kota menggunakan ponsel pribadi masing-masing, open house kali ini Pemkot menyediakan foto booth dan membagi-bagikan kaus untuk anak-anak.

Tamu yang datang kemudian dipersilakan menikmati sajian makanan seperti soto daging, lontong opor, selat segar, jus jeruk, jus jambu, es krim, aneka snack, dan lainnya.

Memaknai Natal, Wali Kota merasakan kehadiran Tuhan dalam keluarga untuk menyebarkan cinta dan kasih. Baginya open house ini sudah diselenggarakaan 13 kali, sejak masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota (Wawali).

Open house hanya rutinitas yang digelar Pemkot setiap tahun. Sama halnya open house yang dilaksanakan di rumah dinas Wawali Achmad Purnomo saat Hari Raya Idul Fitri. Open house tersebut hanya sebagai bentuk toleransi dan saling menghargai kebinekaan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya