SOLOPOS.COM - Komunitas Superhero Mendongeng saat mengikuti kampanye gemar makan ikan (Gemarikan) di Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Senin (18/7/2022).

Solopos.com, SUKOHARJO – Balai Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, menjadi lokasi Kampanye Gemarikan atau Gerakan Memasyarakat Makan Ikan, Senin (18/7/2022).

Acara tersebut dihadiri masyarakat Kecamatan Mojolaban yang terdiri atas ibu dengan balita, ibu hamil, serta ibu menyusui.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kampanye Gemarikan juga dimeriahkan komunitas Superhero Mendongeng yang dikomandoi Agus Widanarto. Agus mendongeng menyampaikan ajakan makan ikan dengan dongeng.

Agus mengenakan kostum Gatotkaca sementara rekannya mengenakan baju mirip kostum Superman.

“Selain di acara ini, kita sudah dikenal di mana-mana sebagai super hero mendongeng. Superhero lokalnya Gatotkaca yang diangkat dalam Gemarikan kali ini karena Gatotkaca itu kuat, rajin makan makanan bergizi,” kata laki-laki yang biasa dipanggil Danar saat diwawancara Solopos.com, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Yummy, Banyak Jajanan Sehat di Pameran Gemarikan Mojolaban Sukoharjo

Danar menyampaikan bahwa materi yang diceritakan pada peserta tidak terbatas pada ikan, namun juga manfaat buah dan sayuran.

“Tadi bukan hanya ikan yang kita sampaikan, tapi ada buah-buahan, sayuran, kemudian ikan yang mengandung omega tiga, ikan bisa untuk kesehatan mata, ikan bisa untuk antioksidan,” lanjut Danar.

Danar memaparkan ia dan timnya telah mempelajari materi dari sepekan sebelum acara diselenggarakan sehingga anak-anak terutama balita tertarik dengan dongeng yang dibawakan.

“Kita sengaja sepekan sebelumnya belajar materi yang disampaikan, tapi yang perlu diingat anak kecil melihat dari figur atau tokoh. Karena idola mereka adalah superhero, ada superhero luar banyak. Kita tetap ajak superman dan spiderman yang penting mereka mendengar apa yang dikatakan superhero,” kata Danar lagi.

“Karena hari ini gemar makan ikan, maka yang kita sampaikan adalah jenis-jenis ikan yang enak dimakan, bagaimana jenis ikan yang sehat, bagaimana jenis ikan membuat sehat, dan kita ajak untuk seneng-seneng, mendongeng, menyanyi, dengan Kisah Kancil dan Monyet yang sudah kita ubah ceritanya,” kata dia.

Baca juga: Tekan Stunting, Bupati Sukoharjo Ajak Ibu dan Anak Gemar Makan Ikan

Damar berharap budaya literasi terutama mendongeng dapat bangkit lagi. Ia menyayangkan kepada orang tua yang membebaskan anak bermain gawai.

Damar menambahkan bagi masyarakat yang tertarik dengan Komunitas Superhero Membaca dapat mengunjungi akun Instagram miliknya @danarbnk dan Facebook @Superhero Agus Widanarko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya