SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan F.X. Hadi Rudyatmo. (Istimewa/Dok Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO – Kejuaraan Kota (Kejurkot) Bulu Tangkis Piala Wali Kota Solo digelar di GOR FKOR UNS Manahan, Solo, pada Rabu (26/01/2022). Kejuaraan ini dibuka dengan laga ekshibisi dengan pertandingan ganda antara pasangan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan F.X Hadi Rudyatmo melawan Sigit Budiarto/Basri Yusuf.

Rudy merupakan Ketua PBSI Solo. Sedangkan Sigit Budiarto adalah pemain ganda peraih Juara Dunia pada 1997 silam. Sementara Basri Yusuf merupakan Ketua PBSI Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada set pertama, Pasangan Gibran-Rudy berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 15-12. Pada set kedua terjadi pergantian pasangan, Gibran berpasangan dengan Sigit sementara Rudy berpasangan dengan Basri.

Baca Juga: Resmi! Solo Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu pun kembali memenangkan set kedua dengan skor 15-8. Gibran sering mengeluarkan strategi pukulan pendek net yang menyulitkan kedua lawannya. Mereka pun sukses menghadirkan pertandingan yang menghibur ratusan atlet yang bersiap bertanding.

Kejuaraan Bulu Tangkis tingkat Kota Solo pertama setelah pandemi itu akan berlangsung dari 26 Januari 2022 hingga 29 Januari 2022 serta hanya diikuti oleh klub-klub asal Kota Solo. Perlombaan terbagi menjadi 11 kategori mulai dari atlet pra usia dini hingga dewasa dengan total hadiah Rp30 juta.

F.X. Hadi Rudyatmo pun menilai Gibran banyak menunjukkan peningkatan permainan bulu tangkis. Menurutnya Gibran bisa bermain penuh dan sangat senang saat bermain. “Namanya ekshibisi yang penting keluar keringat. Mas Wali banyak sekali kemajuan bisa mengimbangi. Dulu belum pernah pegang raket, sekarang raketnya banyak,” kata Rudy.

Motivasi Atlet

Ia berharap para atlet bisa termotivasi untuk meningkatkan performa permainan. Lewat berbagai turnamen, Rudy juga berharap banyak lahir Sigit Budiarto dan Icuk Sugiarto yang baru.

Rencananya, setelah gelaran Kejurkot selesai, PBSI Solo akan menggelar Piala Wali Kota Cup se-Jawa Tengah (Jateng) pada Juni 2022 dan event tingkat Nasional Piala Gubernur pada Oktober 2022.

Baca Juga: Pelatih Asal Solo Terdepak dari Pelatnas, Ini Pesan Haru Greysia Polii

Gibran Rakabuming Raka mengaku bangga bisa menang melawan mantan juara dunia. Namun dia mengaku sangat capek setelah menang dua set langsung. Ia mengaku tidak ada persiapan khusus dalam laga itu.

Ia berharap hadirnya mantan juara dunia itu bisa menularkan semangat dan motivasi kepada para atlet-atlet muda. “Menang tapi kesel, ngos-ngosan,” kata Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya