SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Solopos.com, SOLO– Mungkin Anda pernah mendengar atau mengetahui mengenai reinkarnasi namun belum tentu meyakini. Banyak orang menafsirkan bahwa reinkarnasi adalah peristiwa kehidupan kedua setelah meninggal. Namun, hal ini belum bisa dipastikan sepenuhnya secara ilmiah.

Ada teori yang mengatakan bahwa reinkarnasi adalah ketika seseorang meninggal, maka beberapa bagian dari diri orang tersebut hidup di dalam tubuh orang atau organisme lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa masyarakat beranggapan bahwa apa yang dilakukan oleh manusia selama hidupnya akan berpengaruh terhadap kehidupan reinkarnasinya di masa depan. Jika semasa hidupnya seseorang memiliki perilaku yang baik, maka ada kemungkinan ia akan mengalami reinkarnasi menjadi manusia sebagai bentuk hadiah. Sebaliknya, bagi orang yang bertindak buruk semasa hidupnya, ada kemungkinan ia akan hidup kembali dalam wujud binatang atau tanaman sebagai bentuk hukuman.

Reinkarnasi dipercaya sebagai gagasan bahwa ada suatu bagian penting dari dalam diri seseorang yang akan terus hidup setelah kematian, meskipun tubuhnya sudah membusuk. Ada pula sebagian pendapat beranggapan bahwa orang terkasih yang sudah meninggal masih hidup di suatu tempat lain di bumi, meskipun di antara keduanya sudah tidak melakukan kontak lagi. Namun, bagi yang tak percaya reinkarnasi, kematian seseorang dinilai sebagai proses kematian biasa.

Proses Kematian

Dikutip dari Howstuffworks, setelah jantung seseorang berhenti, tubuh manusia akan mulai berubah menjadi dingin atau dikenal sebagai fase algor mortis (death chill), Kamis (12/3/2020). Tiap jam, suhu tubuh akan menurun sekitar 1,5 derajat Fahrenheit (0,83 derajat Celsius). Pada saat yang sama tanpa ada sirkulasi yang bergerak di dalam tubuh, maka darah tidak akan mengalir sehingga tubuh menjadi kaku (rigor mortis) yang terjadi dalam waktu 2 jam-6 jam setelah kematian.

Beberapa hari setelah kematian, bakteri dan enzim memulai proses pemecahan terhadap tempat inangnya. Hal ini akan membuat tubuh berubah warna, pertama menjadi hijau, kemudian ungu lalu hitam. Jika tidak melihat perubahan tersebut, maka akan tercium bau yang disebabkan bakteri di dalam tubuh menghasilkan gas yang menimbulkan bau tak sedap.

Sepekan setelah kematian kulit akan melepuh dan sedikit sentuhan saja bisa membuatnya terkelupas. Sedangkan sebulan kemudian organ internal dan jaringan akan mencair dan membuat tubuh membengkak tapi tulang tengkorak tetap. Lama kelamaan bagian tubuh ini akan berkurang akibat dikonsumsi oleh mikroorganisme.

Itu sebabnya, hingga saat ini belum ada satu teori pun yang bisa menjelaskan secara ilmiah mengenai proses reinkarnasi yang sebenarnya. Karena selama ini reinkarnasi hanya diyakini sebagai kepercayaan sebagian masyarakat. Akan tetapi, ada beberapa kisah seseorang yang mengaku bahwa dirinya adalah titisan atau hasil dari reinkarnasi pada tubuh seseorang. Berikut beberapa orang yang mengaku mengalami reinkarnasi.

Wajib Baca! Seluk-Beluk Virus Corona Penyebab Covid-19 Si Pandemi Dunia

1. Billy Campbell

Anak kecil berusia empat tahun membuat heboh publik Inggris. Putra dari presenter televisi, David Campbell itu mengaku sebagai reinkarnasi Putri Diana. David melihat banyak keanehan yang terjadi pada anaknya. Ketika berusia 2 tahun, Billy mengaku mengenal wajah mendiang Putri Diana.

Bahkan, ia mengaku foto tersebut merupakan dirinya waktu dulu. Ditambah lagi, Billy yang lahir pada 2015 lalu juga menyebut Pangeran William dan Harry sebagai anaknya. Lebih dalam, Billy juga mengetahui silsilah saudara dari Putri Diana.

Sang ibu shock ketika mendengar bahwa apa yang diucapkan oleh anaknya adalah benar. Dirundung rasa penasaran, orang tua Billy pun mencoba untuk menunjukkan foto terakhir Putri Diana, "Itu adalah aku saat masih menjadi putri. Hingga kemudian ada sirene dan aku tak lagi menjadi seorang putri," terangnya. Jawaban tak terduga yang dilontarkan oleh Billy membuat mereka merinding.

2. Gillian dan Jennifer

Pada 5 Mei 1957, pasangan suami-istri John dan Florence Pollack merasa terpukul dengan peristiwa kecelakaan mobil yang menewaskan kedua anak kembar mereka, Joanna dan Jacqueline. Setahun kemudian, pasangan ini kembali dikaruniai sepasang anak kembar yang diberi nama Gillian dan Jennifer. Alangkah sulit dipercaya, Gillian dan Jennifer memiliki tanda lahir berupa bekas luka yang sama dengan Joanna dan Jacqualine pasca mengalami kecelakaan mobil kala itu.

Anehnya, bayi Gillian dan Jennifer terus-menerus meminta mainan kakak kembarnya, padahal kedua orang tuanya tidak memberi tahu apapun mengenai kakak kembarnya. Selain itu, Gillian dan Jennifer trauma saat berada di dalam mobil seolah mereka pernah mengalami kecelakaan fatal seperti kakak kembar mereka yang sudah tiada.

3. Barbro Karlen

Barbro Karlen menyatakan bahwa dirinya adalah Anne Frank yang lahir kembali pada 1954. Mulanya perempuan asal Swedia ini mengaku dan menceritakan pada orang tuanya mengenai Anne Frank. Bahkan, kedua orang tua Karlen pun tidak mengetahui sosok Anne Frank yang meninggal pada 1945 di kamp konsentrasi Bergen-Belsen yang ditemukan oleh Nazi saat bersembunyi di loteng bersama keluarganya di Amsterdam.

Kemudian, saat Karlen berusia 10 tahun, ia dibawa kedua orang tuanya ke Amsterdam. Dengan lancar, Karlen mengidentifikasi beberapa kebiasaan Frank hingga membuat banyak orang menjadi percaya bahwa dirinya benar-benar Anne Frank yang sedang bereinkarnasi. Mulai saat itu, Karlen menuliskan kisahnya dalam sebuah buku sebagai reinkarnasi dari Anne Frank.

Taman Wonderia Semarang Kata Gadis Indigo Tak Pernah Sepi

4. Cameron Macauley

Sejak usia dua tahun, Cameron Macauley telah mengatakan pada ibunya bahwa dia berasal dari sebuah pulau bernama Barra yang terletak di pantai barat Skotlandia. Macauley juga menceritakan sebuah rumah bercat putih di sebuah pantai dekat lapangan terbang.

Selain itu dia juga mengaku memiliki anjing berwarna putih hitam dan memiliki ayah di kehidupan sebelumnya, bernama Shane Robertson yang meninggal ditabrak mobil. Macauley sering merengek pada sang Ibu untuk diajak ke Barra karena rindu kepada ibu yang lain, akhirnya ia pergi naik pesawat ke Barra. Ketika tiba di Barra, keluarga Macauley benar-benar menemukan sebuah rumah bercat putih tepat di dekat lapangan terbang yang terletak di pinggir pantai.

Setelah ditelusuri, rumah tersebut merupakan kediaman miliki Robertson dan ia memiliki seekor anjing putih hitam yang kini sudah mati. Macauley kecil juga hafal dengan lorong-lorong dan ruangan-ruangan dalam rumah besar itu. Cerita tentang reinkarnasi Macauley didokumentasikan dalam sebuah acara TV di Inggris dan didapuk sebagai salah satu kisah reinkarnasi terbaik. (Bunga Oktavia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya