SOLOPOS.COM - padat

Solo (Solopos.com) – Program rutin hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Kota Solo bakal diliburkan pada Minggu (6/11/2011) mendatang. Peniadaan CFD tersebut dalam rangka menghormati Hari Raya Idul Adha serta untuk memperlancar arus lalu lintas.

PADAT -- Suasana car free day di Jalan Slamet Riyadi Solo yang selalu dipadati warga. Terkait Idul Adha, pada Minggu (6/11/2011) mendatang car free day akan ditiadakan. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demikian disampaikan Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Sri Baskoro kepada Espos, Rabu (2/11/2011). Dengan peniadaan program CFD selama satu hari itu, kata Baskoro, diharapkan masyarakat yang ingin merayakan Hari Idul Adha bisa menjalankan dengan khidmat. “Keputusan ini bukan dari kami. Namun, dari hasil rapat koordinasi dengan Kantor Kemenag (Kementerian Agama-red) Solo serta instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Hingga akhir 2011, kata Baskoro, masih ada dua hari libur Nasional yang jatuh di hari Minggu. Kedua hari libur itu ialah Tahun Baru Hijriah 1433 dan Natal. Meski demikian, pihaknya belum bisa memutuskan apakah kedua hari libur tersebut juga berdampak pada peliburan CFD. “Kami akan menyerap aspirasi masyarakat dulu serta dari Kemenag, Kalau memang dirasa tak menggangu kekhusukan, CFD tetap berjalan,” paparnya.

Baskoro mengakui, apresiasi masyarakat Solo atas program CFD selama sangat tinggi. Sehingga, peliburan program CFD di hari Raya Idul Adha tersebut, diharapkan bisa tersosialisasikan dengan baik di masyarakat. “Tanpa bermaksud mengurangi makna CFD, kami berharap masyarakat pecinta CFD bisa memaklumi. Biar umat Islam yang ingin menjalankan Salat Idul Adha bisa dengan khidmat menjalankan ibadah,” terangnya.

Di sisi lain, Hari Raya Idul Adha tentu akan menambah lonjakan arus lalu lintas di Jalan Slamet Riyadi. Baik untuk antar ternak korban ataupun Salat Idul Adha. “Kalau ada yang salat Idul Adha di jalan raya atau lapangan atau masjid, kan lebih baik yang lainnya menjaga ketenangan,” paparnya.

asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya