SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti; Menteri BUMN, Erick Thohir; Gubernur Jabar, Ridwan Kamil; dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; mengikuti lomba makan kerupuk di Lapangan Sumantri, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Ketiga gubernur di Pulau Jawa yang selama ini namanya kerap bersaing dalam daftar bursa calon presiden 2024, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil, terlibat persaingan di Lapangan Sumantri, Jakarta Selatan (20/8/2022). Namun, kali ini persaingan ketiga gubernur itu bukan dalam ranah politik, melainkan lomba 17-an untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Ketiga gubernur itu terlibat persaingan dalam perlombaan 17 Agustus seperti balap karung, makan kerupuk, hingga tarik tambang.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Perlombaan yang digelar dalam acara Narasi Merayakan Indonesia itu tidak hanya diikuti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo; dan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. Acara itu juga menghadirkan Menteri BUMN, Erick Thohir, dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Selain itu, ada juga artis papan atas tanah air seperti Maudy Ayunda dan Kiky Saputri yang menambah keseruan acara.

“Permainannya selalu seru, meriah dan banyak bercanda,” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu.

Baginya, merayakan HUT ke-77 RI dengan mengikuti lomba bersama sejumlah pemimpin daerah dan tokoh nasional menjadi simbol kerukunan yang patut dijaga. “Mudah-mudahan tadi itu satu simbol ya. Bahwa ternyata yang seringkali diomongkan beda di banyak media bisa kok bercanda, bisa kok bermain,” ujar Ganjar.

Baca juga: Pengusaha Masaran Sragen Bagi-Bagi Alat Rumah Tangga Hadiah 17-an

Menurut Ganjar, semua persoalan bangsa bisa diselesaikan secara bersama-sama meski pun berbeda warna atau pandangan politik. “Mudah-mudahan juga semua persoalan yang ada, meskipin warnanya berbeda-beda tapi dengan semangat kawan-kawan semua bisa dibicarakan, bisa diselesaikan,” tegas Ganjar.

Di puncak acara, Ganjar diundang untuk tampil pentas seni. Ia pun melantunkan tembang Suwe Ora Jamu dan Rek Ayo Rek. Suasana semakin seru saat ketiga pemimpin daerah itu, baik Anies, Ganjar, maupun Ridwan Kamil berjoget di tengah puluhan penari dengan koreografi kolosal.

“Tadi cuma lomba bakiak yang tidak ikut karena tangan masih sakit,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya