SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pilkada (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Tengah tidak sependapat dengan pernyataan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengenai pemilihan kepala daerah secara langsung dipilih oleh rakyat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bagi kami [DPD Partai Demokrat Jateng] pilkada melalui DPRD merupakan suatu revolusi mental juga,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jateng Dani Sriyanto seperti dikutip Antara, Rabu (17/9/2014).

Ia menilai pilkada lebih baik dipilih oleh DPRD karena dapat menekan adanya praktik politik uang.

Menurut dia, pilkada langsung yang dipilih rakyat tidak mencerminkan proses demokrasi yang sebenarnya dan melahirkan kapitalis politik yang merusak mental.

“Masyarakat saat ini lebih memilih politik uang daripada memilih pemimpin yang berkualitas,” ujarnya.

Dani mengaku tidak ada yang perlu dipermasalahkan terkait dengan adanya perbedaan pandangan antara pengurus DPD di daerah dan Ketua Umum Partai Demokrat.

Seperti diwartakan, Presiden SBY selaku Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan bahwa rakyat sudah terbiasa dengan pilkada langsung dan sistem tersebut cocok dengan sistem presidensial yang dianut Indonesia.

“Partai Demokrat, saya pribadi melihat ada dua aspek penting yang mesti kita lihat secara jernih. Pertama, sistem pemilihan kepala daerah langsung ini sudah berjalan selama 10 tahun, rakyat sudah terbiasa,” kata SBY pada sebuah rekaman wawancara yang diunggah di Youtube.

SBY juga menilai ada benang merah antara pilkada langsung oleh rakyat dan sistem presidensial yang tengah berjalan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya