SOLOPOS.COM - Iwan Fals (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Solopos.com, JAKARTA – Polemik RUU Pilkada ternyata tak luput dari perhatian musisi legendaris, Iwan Fals. Pelantun Surat Buat Wakil Rakyat ini mempertanyakan rencana ini. Menurutnya lebih baik kepala daerah langsung dipilih rakyat.

Iwan Fals melalui akun twitternya mempertanyakan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada). Seperti diketahui sejumlah fraksi di DPR menyetujui Kepala Daerah dipilih oleh DPRD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait hal ini Iwan Fals mengaku hal ini tak lebih bagus. Iwan menyebut pada zaman internet sekarang, dimana pencarian informasi jauh lebih mudah, sebaiknya Pilkada dilakukan langsung oleh rakyat.

Ekspedisi Mudik 2024

“ya bagusan pilih langsunglah, apalagi sekarang jaman internet,” ungkap Iwan Fals dalam akun twitternya, Selasa (10/9/2014).

Sebelumnya musisi yang terkenal kritis terhadap pemerintah ini mempertanyakan niat Kepala Daerah dipiliha DPRD. “Kepala daerah dipilih dprd, gimana maksudnya?” ungkap akun @iwanfals.

Iwan Fals tak sendirian. Sejumlah kepala daerah yang diusung fraksi pendukung Pilkada lewat DPRD juga menyerukan penolakannya. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jadi yang paling ekstreem. Ahok bahkan melayangkan surat pengunduran diri.

Dilansir Detik, Rabu (10/9/2014), Ahok yang menduduki jabatan Ketua Bidang Politik DPP itu menegaskan akan mengirim surat pengunduran diri ke DPP Gerindra pada hari ini juga. Dia kecewa karena partai itu termasuk yang ngotot lewat fraksi di DPR untuk mengusulkan Pilkada tak langsung dalam pembahasan RUU Pilkada.

Keputusan untuk keluar dari partai itu sudah bulat sekalipun nantinya RUU Pilkada batal disahkan. “(Saya akan) Tetap keluar. Dia (Gerindra) sudah perjuangkan begitu, sudah jelas fraksi nyatakan begitu. Saya dulu Sekjen partai PIB (Partai Indonesia Baru) juga loh, dan hanya karena selisih paham karena mereka main dengan DPRD mencalonkan orang, saya keluar. Sudah Sekjen pun saya tetap keluar,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya