SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat maskapai Citilink (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama yang mengaku siap memulai aktivitas di Bandara Halim Perdanakusuma. Penerbangan dari bandara lama dengan muka baru itu melayani tujuan tiga kota, yakni Semarang, Jogja, dan Malang.

“Segala persiapan telah kami lakukan bersama tim Citilink dan Angkasa Pura (AP) II, sebagai otoritas Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Persiapan tersebut di antaranya adalah check in counter dan sales counter Citilink, sedangkan untuk bagage handling, X-ray, dan fasilitas pendukung lainnya sudah disiapkan oleh AP 2. Jadi kami sudah siap terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma besok [Jumat, 10/1],” ujar Chief Executive Officer PT Citilink Indonesia Arif Wibowo melalui siaran pers yang diterima Solopos.com di Solo, Kamis (9/1/2013).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Arif menuturkan pihaknya sudah menghubungi masing-masing penumpang untuk memberitahukan mengenai perubahan jadwal dan tempat diawalinya penerbangan. Namun, apabila masih terdapat penumpang yang missed schedule, Arif mengatakan telah  mengerahkan petugas di Bandara Soekarno Hatta untuk melakukan penanganan.

Ekspedisi Mudik 2024

Arif menambahkan bahwa Citilink telah melakukan sosialisasi melalui berbagai media, yaitu media sosial, media massa, mitra biro perjalanan, dan seluruh kantor penjualan tiket. Selain itu, pengumuman dan imbauan juga diberikan di Bandara Soekarno Hatta, Bandara Adisucipto, Bandara Abdul Rachman Saleh, dan Bandara Adisucipto.

“Sosialisasi ini wajib dan penting kami lakukan agar Citilinkers yang terbang dari Jakarta menuju tiga kota ini tahu bahwa Citilink terbang melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Begitupun sebaliknya, Citilinkers yang terbang dari Semarang, Yogyakarta, dan Malang tahu bahwa Citilink mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta,” ujar Arif.

Sementara itu, rute-rute penerbangan Citilink lainnya dari Jakarta menuju kota-kota lain, di luar ketiga kota tersebut,  masih tetap beroperasi melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Hingga saat ini, Citilink mengoperasikan 24 armada Airbus A320 terbaru, dua di antaranya jenis Sharklets atau bersayap model sirip hiu. Seluruh armada tersebut melayani 22 rute domestik di 20 kota tujuan ke berbagai kota di wilayah Indonesia setiap harinya.

Pengalihan sejumlah penerbangan Citilink ke Bandara Halim Perdanakusuma diberlakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas udara di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya