SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah panjang rute Kereta Api (KA) Joglosemarkerto mulai 1 Februari mendatang sampai ke Stasiun Prupuk Tegal.

Hal ini untuk menjawab tingginya animo masyarakat menaiki KA trans Jawa Tengah ini. Total ada enam relasi KA Joglosemarkerto yang berhenti di Stasiun Prupuk, yakni tiga perjalanan tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan penambahan stasiun pemberhentian KA Joglosemarkerto ini sejalan dengan kembali diaktifkannya Stasiun Prupuk, Tegal, sejak 18 Oktober 2018 lalu.

Di samping itu, ini berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat menggunakan KA yang menghubungkan jalur pantai utara dan pantai selatan Jateng.

“Apalagi dari tiga perjalanan KA Joglosemarkerto, load factor-nya di atas 100%. Bertambahnya stasiun pemberhentian semakin bisa menjangkau masyarakat di sejumlah wilayah,” paparnya kepada Solopos.com, Jumat (25/1/2019).

Sebelumnya, PT KAI sempat menutup akses layanan pemesanan KA Joglosemarkerto untuk keberangkatan 1 Februari 2019 terkait penambahan stasiun pemberhentian pada 21 Januari 2019 lalu. Namun demikian, layanan ini dibuka kembali pada Kamis (24/1/2019).

KA Joglosemarkerto ini ada delapan relasi, masing-masing berangkat dari Solo, Semarang, dan Purwokerto. Setiap perjalanan KA Joglosemarkerto menggunakan dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk.

Relasi Solo-Tegal-Solo berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB lewat Jojga, Purwokerto, Tegal (Stasiun Prupuk), kembali ke Solo, lewat jalur utara seperti Pekalongan, Semarang, Brumbung, terakhir Solo Balapan.

Manajer Humas PT KAI Daops V/Purwokerto, Supriyanto, dalam rilisnya menyebut setelah lama tidak disinggahi untuk naik/turun penumpang, mulai 18 Oktober 2018 sudah banyak kereta api yang berhenti di Stasiun Prupuk.

“Tiga perjalanan KA Joglosemarkerto tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo yang berhenti. Dengan demikian, penumpang dari dan menuju Prupuk, bisa langsung mencari relasi Stasiun Prupuk,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya