Tutup Iklan

Rute KA Joglosemarkerto Diperpanjang Sampai Stasiun Prupuk

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah panjang rute Kereta Api (KA) Joglosemarkerto mulai 1 Februari mendatang sampai ke Stasiun Prupuk Tegal. Hal ini untuk menjawab tingginya animo masyarakat menaiki KA trans Jawa Tengah ini

Rute KA Joglosemarkerto Diperpanjang Sampai Stasiun Prupuk

SOLOPOS.COM - Direktur SDM dan Umum PT KAI Persero R. Ruly Adi mengucurkan air dari kendi ke KA Joglosemarkerto yang baru diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Jateng, Sabtu (1/12/2018). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah panjang rute Kereta Api (KA) Joglosemarkerto mulai 1 Februari mendatang sampai ke Stasiun Prupuk Tegal.

Hal ini untuk menjawab tingginya animo masyarakat menaiki KA trans Jawa Tengah ini. Total ada enam relasi KA Joglosemarkerto yang berhenti di Stasiun Prupuk, yakni tiga perjalanan tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan penambahan stasiun pemberhentian KA Joglosemarkerto ini sejalan dengan kembali diaktifkannya Stasiun Prupuk, Tegal, sejak 18 Oktober 2018 lalu.

Di samping itu, ini berbanding lurus dengan antusiasme masyarakat menggunakan KA yang menghubungkan jalur pantai utara dan pantai selatan Jateng.

“Apalagi dari tiga perjalanan KA Joglosemarkerto, load factor-nya di atas 100%. Bertambahnya stasiun pemberhentian semakin bisa menjangkau masyarakat di sejumlah wilayah,” paparnya kepada Solopos.com, Jumat (25/1/2019).

Sebelumnya, PT KAI sempat menutup akses layanan pemesanan KA Joglosemarkerto untuk keberangkatan 1 Februari 2019 terkait penambahan stasiun pemberhentian pada 21 Januari 2019 lalu. Namun demikian, layanan ini dibuka kembali pada Kamis (24/1/2019).

KA Joglosemarkerto ini ada delapan relasi, masing-masing berangkat dari Solo, Semarang, dan Purwokerto. Setiap perjalanan KA Joglosemarkerto menggunakan dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk.

Relasi Solo-Tegal-Solo berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.00 WIB lewat Jojga, Purwokerto, Tegal (Stasiun Prupuk), kembali ke Solo, lewat jalur utara seperti Pekalongan, Semarang, Brumbung, terakhir Solo Balapan.

Manajer Humas PT KAI Daops V/Purwokerto, Supriyanto, dalam rilisnya menyebut setelah lama tidak disinggahi untuk naik/turun penumpang, mulai 18 Oktober 2018 sudah banyak kereta api yang berhenti di Stasiun Prupuk.

“Tiga perjalanan KA Joglosemarkerto tujuan Semarang serta tiga perjalanan tujuan Purwokerto sampai Solo yang berhenti. Dengan demikian, penumpang dari dan menuju Prupuk, bisa langsung mencari relasi Stasiun Prupuk,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.