SOLOPOS.COM - Kereta api yang akan dioperasikan untuk rute Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO -- Rute kereta api (KA) bandara penghubung Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo bakal diperpanjang sampai Stasiun Klaten.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta berencana menguji coba rute ini dengan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) pada Selasa (11/2/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Rencananya operasional KA bandara tidak hanya berangkat dari Stasiun Solo Balapan, tapi juga bisa menaikkan dan menurunkan penumpang dari Klaten. Hal ini untuk melayani para penumpang dari Klaten yang hendak ke bandara," ujarnya kepada Solopos.com, Senin (10/2/2020).

Lebih lanjut, Eko menjelaskan secara geografis Klaten dekat dengan Solo. Selain sudah ada jalur keretanya, masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api ini cukup banyak.

Keliling Solo Naik Chopper, Gibran Sebut Motor Jokowi Lembek

Menurutnya, nantinya masyarakat Klaten punya pilihan lain jika hendak bepergian menggunakan pesawat. Dalam hal ini, mereka bisa berangkat melalui Bandara Adi Soemarmo dengan KA Bandara atau ke Yogyakarta International Airport di Kulonprogo, DIY.

"Kalau rute jadi diperpanjang sampai Klaten, nanti mampir Stasiun Purwosari atau tidak belum tahu. Tapi, yang jelas kami rencanakan bisa naik turun penumpang di Stasiun Klaten," imbuhnya.

Kepala Daops VI Yogyakarta, Eko Purwanto, mengaku terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait kemungkinan memperpanjang relasi atau rute KA Bandara.

Pilkada Solo: Tak Hanya Puguh, Gibran Juga Dipanggil Fit And Proper Test di DPP PDIP

"Sebulan lebih beroperasi, kami lakukan evaluasi dan terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Solo. Evaluasi ini meliputi agar jangkauan atau relasi KA Bandara bisa lebih panjang, termasuk frekuensinya," katanya.

Di sisi lain, PT KAI juga tengah mengkaji jumlah trip atau frekuensi KA bandara. Hal ini khususnya mempertimbangkan kepadatan lalu lintas di palang Joglo.

Tak dapat dimungkiri, perlintasan sebidang ini terdampak macet parah setelah beroperasinya KA bandara dengan 12 trip pergi pulang (PP). Sebelumnya, KA Bandara bahkan sempat berjalan dengan 30 trip PP.

Pengendara Motor Meninggal Tersenggol Truk Saat Nyeberang di Jalan Bayat-Wedi Klaten

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, menambahkan perpanjangan rute KA bandara sampai Stasiun Klaten baru sebatas uji coba.

"Belum diperpanjang resmi rutenya, ini uji coba dulu. Rencananya dari Klaten ke Stasiun Solo Balapan lalu ke bandara. KA Bandara tetap beroperasi seperti biasa," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya