SOLOPOS.COM - RUTE BARU -- Pesawat ATR-72 seperti ini yang akan melayani rute Solo-Pangkalan Bun, yang rencananya akan dibuka oleh maskapai Indonesia Air Transport. (flugzeuginfo.net)

RUTE BARU -- Pesawat ATR-72 seperti ini yang akan melayani rute Solo-Pangkalan Bun, yang rencananya akan dibuka oleh maskapai Indonesia Air Transport. (flugzeuginfo.net)

SOLO – Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo masih menunggu kepastian dari pihak maskapai penerbangan Indonesia Air Transport (IAT) terkait rencana pembukaan rute Solo-Pangkalan Bun-Pontianak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager (GM) PT Angkasa Pura I, Abdullah Usman, saat ditemui Espos di bandara setempat, Kamis (26/1/2012), menyampaikan pihak IAT pasti tetap akan menerbangi rute yang sudah direncanakan. “Tapi belum Jumat ini. Mungkin Februari. Tapi, kemarin saya sudah bertemu dengan GM maskapai tersebut, saya sudah minta sama pihak manajamen agar rute ini secepatnya direalisasikan. Lebih cepat lebih baik,” kata Abdullah.

Abdullah juga mengatakan, pihak manajemen maskapai IAT itu akan datang ke bandara untuk mengadakan survei lokasi untuk pembangunan counter penjualan tiket serta mencari slot time. “Hari ini mereka datang ke sini kok, cari tempat sama cari slot time untuk mengatur jadwal penerbangan,” tambah dia. Abdullah mengatakan, IAT adalah maskapai lokal yang banyak melayani pesawat carter.

Untuk rencana operasional di Solo-Pangkalan Bun, IAT akan menggunakan pesawat ATR 72 dengan kapasitas sekitar 70 penumpang hingga 80 penumpang. “Dari diskusi kami, IAT ini sudah punya gambaran tentang potensi pasar untuk rute Solo-Pangkalan Bun. Perusahaan perkebunan di Kalimantan, banyak mempekerjakan karyawan asal Jabar dan Jateng. Soloraya, di nilai sebagai salah satu kantung yang potensial. Selama ini, penerbangan ke Kalimantan baru dilayani dari Semarang oleh maskapai Trigana Air,” papar Usman.

Pihaknya menyatakan dukungan penuh atas rencana pembukaan rute tersebut. Harapannya, tingkat penumpang bandara tahun 2012 bisa kembali mengalami kenaikan. Berdasar data yang disampaikan PT Angkasa Pura I, pengguna Bandara Adi Soemarmo untuk penerbangan domestik naik cukup signifikan. Jumlah kedatangan penumpang tahun 2011 mencapai 513.301 penumpang naik dari jumlah kedatangan penumpang tahun 2010 sebanyak 403.498 penumpang.

Sementara, untuk keberangkatan dari Bandara Adi Soemarmo Solo tahun 2011 mencapai 497.848 penumpang, naik dari tahun 2010 yang berkisar 396.135 penumpang. Kondisi yang sama juga terjadi untuk penerbangan Internasional. Kedatangan penumpang dari luar negeri tahun 2011 mencapai 97.579 penumpang naik dari posisi tahun 2010 sebanyak 93.852 penumpang. Untuk keberangkatan juga naik dari 74.927 penumpang pada tahun 2010 menjadi 88.973 penumpang pada 2011.

JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya