SOLOPOS.COM - TPA Putri Cempo (Dok/JIBI/Solopos)

Rusunawa Solo akan ditambah dua blok di kawasan yang berjarak 500 meter dari TPA Putri Cempo.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan membangun dua twin block rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Putri Cempo Mojosongo akan dibangun untuk menampung 196 penghuni.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Sewa Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo, Toto Jayanto ketika dihubungi Espos, Senin (19/10) sore, mengatakan sesuai rencana pembangunan dua twin block rusunawa Putri Cempo dibangun di atas tanah hak pakai (HP) Pemkot Nomor 7 dan 8.

Tanah tersebut berada sekitar 500 meter dari tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo. Di mana masing-masing rusunawa akan dibangun di atas tanah seluas 5.000 meter persegi.

“Satu twin block rusunawa akan dihuni 96 keluarga reguler atau umum, dan dua khusus difabel,” kata Toto.

Toto mengatakan penghuni rusunawa akan diprioritaskan bagi warga ber-kartu tanda penduduk (KTP) Kota Solo. Pihaknya akan memverifikasi lebih dulu para calon penghuni rusunawa.

“Kami perkirakan pembangunan rusunawa Putri Cempo akan dilaksanakan 2016 nanti,” katanya.

Toto optimistis rusunawa Putri Cempo tidak akan sepi peminat, meski keberadaannya tidak jauh dari TPA Putri Cempo. Hal ini, menurutnya, karena masih banyak warga yang membutuhkan hunian sebagai tempat tinggal.

Toto mencontohkan seperti halnya rusunawa Mojosongo Blok A. “Meski berada ditempat yang kurang strategis, tapi peminatnya banyak,” tuturnya.

Sejauh ini, Toto mengatakan terus kebanjiran pendaftar rusunawa. Tercatat ada puluhan warga yang antre untuk menjadi penghuni rusunawa. Mereka kemudian diseleksi dan masuk dalam daftar tunggu penghuni rusunawa.

Persyaratan penghuni rusunawa di antaranya berpenghasilan rendah, warga ber-KTP Solo, sudah menikah dan belum memiliki rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya