Rusia: Kami akan Punya Vaksin Covid-19 Akhir 2020
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, MOSKOW — Rusia kini tengah menguji coba vaksin Covid-19 ke manusia. Uji coba vaksin tersebut diharapkan segera selesai dan tersedia pada akhir 2020 demi mengakhir pandemi.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menjelaskan calon vaksin yang dikembangkan saat ini tengah diuji coba kepada manusia dengan hasil awal yang cukup positif.

Wong Sragen Wajib Nonton, Seniman Bumi Sukowati Tampil Perdana Setelah Vakum 3 Bulan

"Kami berharap uji coba ini akan selesai pada akhir September, yang berarti bahwa pada akhir tahun ini kami mungkin akan mempunyai vaksin Covid-19. Dan kami bersiap untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan," kata dia seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (8/7/2020).

Lyudmila menegaskan vaksin Covid-19 harus tersedia untuk semua negara di dunia. "Posisi Rusia secara prinsip adalah bahwa setiap negara, baik itu negara besar maupun kecil, negara kaya atau pun kurang sejahtera, harus mempunyai akses terhadap vaksin yang akan mencegah wabah ini kembali terjadi," ujarnya.

Ribuan Warga Solo Terancam Kesulitan Air Bersih Saat Kemarau, 2 Kelurahan Ini Paling Rawan

Jumlah kasus positif Covid-19 di seluruh dunia hampir menyentuh angka 12 juta hingga Rabu (8/7/2020) sore. Rusia menempati peringkat ke-empat dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia.

Ada 700.792 kasus positif Covid-19 di Rusia. Jumlah kematian akibat Covid-19 di negara yang bakal segera memiliki vaksin itu mencapai 10.667, sedangkan 472.511 pasien berhasil sembuh.

Ratusan Ilmuwan Sodorkan Riset Terbaru ke WHO, Covid-19 Menular Lewat Udara

Sumber: Antara



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom