Rusia bangun pangkalan militer Abkhazia

MOSKOW: Rencana Rusia membangun pangkalan militer di Abkhazia
tinggal selangkah lagi. Negara Beruang Putih itu, dikabarkan bakal menandatangani sebuah perjanjian mengenai
pembukaan pangkalan-pangkalan militer di Abkhazia, dua pekan mendatang.

"Perjanjian itu sudah siap. Akan ditandatangani dalam dua pekan ini," kata Presiden Abkhazia Sergei Bagapsh, seperti dikutip oleh kantor-kantor berita Rusia, setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Vladimir Putin di daerah dekat Sochi.

Para pejabat Abkhazia mengatakan, Rusia akan membuka sebuah pangkalan angkatan laut di Ochamchire, yang dikenal sebagai Ochamchira oleh separatis Abkhazia, dan sebuah bekas pangkalan pasukan lintas udara di kota Gudauta. Selain Abkhazia, wilayah lain yang memisahkan diri dari Georgia dan diakui oleh Rusia adalah Ossetia Selatan.

Georgia dan Rusia tetap berselisih setelah perang singkat antara mereka pada Agustus tahun lalu menyangkut Ossetia Selatan. Ossetia Selatan dan Abkhazia memisahkan diri dari Georgia pada awal 1990-an. Kedua wilayah separatis itu bergantung hampir sepenuhnya pada Rusia atas bantuan finansial, militer dan diplomatik. Pengakuan Moskow atas kemerdekaan kedua wilayah itu menyulut kecaman dari Georgia dan banyak negara Barat. (Antara/AFP)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom