SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MOSKOW: Rencana Rusia membangun pangkalan militer di Abkhazia
tinggal selangkah lagi. Negara Beruang Putih itu, dikabarkan bakal menandatangani sebuah perjanjian mengenai
pembukaan pangkalan-pangkalan militer di Abkhazia, dua pekan mendatang.

“Perjanjian itu sudah siap. Akan ditandatangani dalam dua pekan ini,” kata Presiden Abkhazia Sergei Bagapsh, seperti dikutip oleh kantor-kantor berita Rusia, setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Vladimir Putin di daerah dekat Sochi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para pejabat Abkhazia mengatakan, Rusia akan membuka sebuah pangkalan angkatan laut di Ochamchire, yang dikenal sebagai Ochamchira oleh separatis Abkhazia, dan sebuah bekas pangkalan pasukan lintas udara di kota Gudauta. Selain Abkhazia, wilayah lain yang memisahkan diri dari Georgia dan diakui oleh Rusia adalah Ossetia Selatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Georgia dan Rusia tetap berselisih setelah perang singkat antara mereka pada Agustus tahun lalu menyangkut Ossetia Selatan. Ossetia Selatan dan Abkhazia memisahkan diri dari Georgia pada awal 1990-an. Kedua wilayah separatis itu bergantung hampir sepenuhnya pada Rusia atas bantuan finansial, militer dan diplomatik. Pengakuan Moskow atas kemerdekaan kedua wilayah itu menyulut kecaman dari Georgia dan banyak negara Barat. (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya