SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Dua calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dikabarkan mengundurkan diri dalam bursa pencalonan pemimpin lembaga auditor negara tersebut. Adapun dua calon yang dimaksud adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono dan Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

“Betul, mereka menarik berkas pendaftarannya sebagai anggota BPK,” kata anggota Komisi XI M. Misbakhun di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Sepeti diketahui, Komisi XI DPR tengah melakukan evaluasi administrasi kepada calon anggota BPK. Evaluasi administrasi diperlukan untuk menentukan sosok calon pengganti anggota BPK yang masa jabatannya berakhir pada Oktober 2019 mendatang.

Senin lalu, Komisi XI DPR telah menerima 64 pendaftar calon pimpiman di lembaga auditor tersebut. Dari nama-nama yang beredar, terdapat politikus yang sebagian gagal saat Pemilu Legislatif 2019.

Beberapa nama politikus tersebut di antaranya Nurhayati Ali Assegaf dari Partai Demokrat, Ferry Joko Juliantono, Haerul Saleh, Wilgo Zainar, hingga Pius Lustrilanang dari Partai Gerindra.

Dari PDIP terdapat nama Daniel Lumban Tobing. Politisi PDIP ini tercatat sebagai calon legislatif di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VII. Adapun para pendaftar tersebut akan memperebutkan 5 posisi pimpinan BPK yang akan selesai Oktober tahun ini.

Kelima posisi itu yakni sebelumnya dijabat oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Harry Azhar Azis, Rizal Djalil, Achsanul Qosasih, dan Eddy Mulyani Soepardi (alm).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya