SOLOPOS.COM - Jalur evakuasi sekaligus jalan menuju Deles Indah di lereng Gunung Merapi rusak parah, Sabtu (13/6/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Jalur evakuasi sepanjang kurang lebih enam kilometer yang juga jalan menuju objek wisata Deles Indah di lereng Gunung Merapi wilayah Klaten rusak parah, sejak enam bulan terakhir.

Di sepanjang jalur evakuasi Merapi yang dilintasi truk galian C itu dinilai sangat membahayakan pengendara kendaraan yang melintas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Solopos.com, jalur evakuasi Merapi yang rusak parah di Kecamatan Kemalang, Klaten, itu dimulai dari Dukuh Kaliwuluh (Sidorejo)-Dukuh Deles (Sidorejo).

Bupati Karanganyar akan Izinkan Penyelenggaraan Hajatan Tapi...

Kerusakan paling parah terjadi di depan Pesanggrahan PB X. Selain lapisan aspal sudah mengelupas, jalan di depan pesanggrahan itu sudah hancur.

Truk galian C yang melintas diwajibkan hati-hati melintasi jalur evakuasi itu agar tidak terperosok. Begitu juga, kendaraan lain, baik roda dua dan roda empat.

Galian C

Kerusakan jalan tersebut selaras dengan dibukanya galian C di kawasan dekat Deles Indah dan di kawasan Tegalmulyo sejak satu tahun terakhir.

Kerusakan jalur evakuasi Merapi mulai parah dan dirasakan pengguna jalan enam bulan terakhir.

Seniman Solo Curahkan Kerinduan kepada Didi Kempot Lewat Konser Daring

Hampir setiap hari jalan tersebut dilalui 150 truk hingga 250 truk. Di sepanjang jalan tersebut belum ada perbaikan jalan dari pemerintah kabupaten (pemkab).

"Di sepanjang jalan itu penuh debu. Jalan yang rusak ini sebenarnya bukan jalan untuk dilintasi galian C. Tapi dipaksakan menjadi jalur galian C. Jadinya seperti ini. Kerusakannya parah. Kalau dibiarkan terus dalam satu tahun terakhir, jalan di sini akan mirip kali atau sungai," kata Pejabat Sementara (PJs) Sekretaris Desa (Sekdes) Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sri Widadgo, saat ditemui wartawan di desanya, Sabtu (13/6/2020).

Lirik Lagu Banyu Moto - Nella Kharisma feat Dory Harsa

Pantauan Solopos.com di lapangan, truk yang melintas di jalur evakuasi Merapi itu sebagian besar truk yang memuat pasir dan batu (sirtu) di atas delapan kubik.

Kerusakan jalan itu juga mengakibatkan sepinya pengunjung di pesanggrahan dan Deles Indah.

"Harapan warga, ya segera diperbaiki," kata Sri Widagdo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya