SOLOPOS.COM - Antrean transaksi jual beli mata uang di PT. Barumun Abadi Raya Money Changer Malioboro, Senin (12/3/2018). (Salsabila Annisa Azmi/Harian Jogja)

Kurs jual USD mencapai Rp13.940 sejak tiga hari belakangan

Harianjogja.com, JOGJA – Kurs jual USD mencapai Rp13.940 sejak tiga hari belakangan. Menurut beberapa pedagang money changer, tren kenaikan kurs jual USD terjadi sejak sebulan lalu. Peningkatan transaksi penjualan USD pun terpantau meningkat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

EDP Mulia Money Changer Malioboro, Riaji Fathurrahman mengatakan sejak sebulan terjadi peningkatan penjualan dolar oleh domestik.

“Penjualan USD ada kenaikan tetapi tidak terlalu signifikan. Rata-rata jumlah transaksi penjualan per hari tidak sampai 100 orang,” kata Riaji, Senin (12/3/2018).

Riaji mengatakan secara keseluruhan mata uang, prosentase penjualan mata uang asing lebih besar daripada pembelian mata uang asing. Prosentase penjualan sebesar 60% sedangkan pembelian sebesar 40%.

Teller PT Barumun Abadi Raya Money Changer Malioboro, Helmy, mengatakan saat ini rupiah melemah tidak hanya terhadap USD saja. Namun juga Euro, Yen, dan Singapore Dolar.

“Ada peningkatan penjualan mata uang asing oleh domestik. Kalau hanya penjualan USD saja, transaksi penjualan per hari tidak sampai 100 orang,” kata Helmy.

Lebih jauh Helmy mengatakan apabila transaksi penjualan USD, Yen dan Euro digabung, jumlah transaksi bisa mencapai lebih dari 100 orang. Terlebih saat memasuki musim liburan, jumlah transaksi penjualan mencapai lebih dari 150 orang.

Helmy mengatakan prosentase penjualan dan pembelian mata uang asing saat ini berada dalam prosentase yang sama. “Penjualan 50% dan pembelian 50%. Kalau di sini banyak juga yang beli mata uang Asia, seperti Singapura, Thailand dan Jepang,” kata Helmy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya