SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobilitas penumpang di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jateng. (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Landasan pacu atau runway Bandara Ahmad Yani Semarang ambles 2 cm tiap tahun.

Solopos.com, SEMARANG — Otoritas Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memberikan perhatian serius terhadap kondisi landasan pacu (runway) selama cuaca buruk akhir-akhir ini. Bahkan, pengelola bandara sedang berupaya melakukan perawatan secara berkala pada runway sejauh 2.650 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita sampai akhir tahun ini secara bertahap sedang pengerjakan proyek pengaspalan pada runway Bandara Ahmad Yani. Sebab, setiap tahunnya muka tanah di sepanjang runway mengalami penurunan sekitar 2 centimeter. Ini patut menjadi perhatian serius mengingat arus penerbangan di bandara yang sangat padat,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Ahmad Yani, Kol (Cpn) Maryanto Kamis (30/11/2017).

Maryanto menjelaskan pengaspalan runway sempat terhambat cuaca buruk yang belakangan ini melanda Semarang. Aktivitas pengaspalan beberapa kali terpaksa dihentikan dengan alasan keamanan.

Untuk menyiasatinya, petugasnya kerap mengerjakan pengaspalan pada malam hari ketika jam penerbangan mulai berakhir pukul 21.00 WIB. “Sedikit-sedikit kita tetap mengerjakan walaupun sering hujan,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi cuaca buruk, Maryanto mengingatkan kepada para kru pesawat serta perusahaan jasa penerbangan untuk mewaspadai perubahan angin yang kerap berubah langit Semarang.

Di area terminal penumpang, ia juga mengerahkan petugas tambahan untuk menyiagakan genset. Hal ini untuk mendukung operasional bandara tetap berjalan lancar saat listrik padam. “Kita sudah menyiapkan genset dan menambal atap-atap bangunan agar tidak bocor saat hujan deras,” kata dia.

Maryanto menyebut sementara ini ada dua – tiga pesawat yang mengalami keterlambatan penerbangan (delay) karena faktor cuaca. Pihaknya sudah mengantisipasi protes yang berpotensi terjadi pada calon penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya