Rumput Lapangan Stadion Manahan Solo Terlihat Gersang dan Gundul, Ini Sebabnya

Rumput lapangan Stadion Manahan terus disiapkan sebaik mungkin untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

 Rumput di lapangan Stadion Manahan Solo sedang menjalani perawatan sesuai dengan standar FIFA untuk menyambut Piala Dunia U-20 mendatang. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rumput di lapangan Stadion Manahan Solo sedang menjalani perawatan sesuai dengan standar FIFA untuk menyambut Piala Dunia U-20 mendatang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Pertandingan Persis Solo melawan PSM Makassar pada Kamis (29/9/2022) menimbulkan sejumlah pertanyaan terkait rumput lapangan di Stadion Manahan yang terlihat gersang dan gundul. Padahal, Stadion Manahan merupakan salah satu venue yang bakal digunakan sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Konsultan rumput Stadion Manahan, Rahayu, kepada Solopos.com, Jumat (30/9/2022), mengatakan saat ini rumput Stadion Manahan dalam perawatan setelah pengecekan dari FIFA pekan lalu. Rumput Manahan baru saja dipangkas menyusul pengecekan itu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Semoga laga Persis Solo pekan depan sudah hijau dan laju bola mencapai target. Semoga 20 hari lagi rumput sudah cantik kembali,” kata dia.

Rahayu menyebutkan FIFA memiliki standar untuk lapangan seperti tinggi tanaman rumput yakni 2 cm, warna yang menarik, ball roll yakni luncuran menggelinding bola minimal 6 meter, pantulan bola mininmal 40%, kekuatan rumput dari kerusakan atau traksi, media tanam, yakni tingkat drainasi, kehalusan pasir.

“Tanggal 23 September 2022 pengecekan FIFA untuk kedua kali dilakukan. Dalam menyambut pengecekan FIFA ini maka pemotongan pendek rumput, pembersihan dan pemadatan sangat penting untuk dilakukan. Selama ini rumput di Manahan tampil sangat cantik, namun masih tebal, yakni diatas 4 cm secara simultan,” kata dia.

Baca Juga: PSISa Salatiga Tak Gentar Hadapi Persibat Batang dalam Laga Penentuan Nasib

Menurutnya banyak faktor yang memperngaruhi tebalnya rumput seperti tingkat keseringan penggunaan lapangan, contoh ASEAN Para Games berikut seremonial, olahraga tradisional dan juga tari tarian, dengan beban pertandingan yang banyak.

Rumput yang tebal dapat mengurangi risiko kerusakan akibat pemakaian yang intensif dan memudahkan pemulihan dari kerusakan. Rumput yang tebal sangat melindungi pemain jika terjatuh maupun sleeding tetapi laju bola lambat dan menyebabkan pemain harus mengeluarkan tenaga lebih saat berlari.

Baca Juga: Pelatih Fisik Persis Solo Youth: Gaya Permainan Lama Sulit Hadapi Tipe Modern

Kondisi ini tidak sesuai dengan standar FIFA. Maka rumput dalam kondisi pendek dan keadaan permukaan tanah memudahkan bagi investigator FIFA untuk pengujian.

Pemulihan masa potong pendek untuk cantik kembali dengan tinggi berkisar 2,5 cm sehingga laju bola lebih cepat adalah berkisar tiga pekan.

“Jika sebelum tiga pekan sudah ada pertandingan, maka rumput belum cantik dan itu merupakan kompromi bagi lapangan untuk melayani berbagai pihak,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prediksi Skor Belgia Vs Maroko di Piala Dunia 2022: Setan Merah Melaju Mulus

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup F Piala Dunia FIFA 2022 antara Belgia dan Maroko.

      Data dan Fakta Menarik Jelang Jepang vs Kosta Rika

      Data dan fakta menarik Jepang vs Kosta Rika pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2022.

      Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Jepang vs Kosta Rika, Spanyol vs Jerman

      Jadwal Piala Dunia 2022 mulai sore, malam hingga dini hari nanti akan memainkan empat pertandingan dari Grup E dan F, dua laga di antaranya mempertemukan Jepang vs Kosta Rika dan Spanyol vs Jerman.

      Hasil Piala Dunia 2022: Kalahkan Denmark, Prancis Tim Pertama Lolos ke 16 Besar

      Dua gol Kylian Mbappe membawa Prancis mengemas poin sempurna dari dua laga mereka di fase grup Piala Dunia 2022.

      Persis Solo Kalah Telak dari Persebaya di Manahan, Ini Komentar Coach Rasiman

      Persis Solo dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor telak di Stadion Manahan Solo.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Argentina Vs Meksiko, Magis Messi!

      Lionel Messi diharapkan mampu menghadirkan “magis” untuk membantu Argentina meraih kemenangan krusial pada laga melawan Meksiko di penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 nanti.

      Taman Tertua di Qatar Jadi Arena FIFA Fan Festival, Didatangi 98.000 Pengunjung

      Al Bidda Park yang terletak di jantung kota Doha dan kerap disebut denyut nadi utama Qatar mampu menampung hingga 40.000 orang.

      Hasil Polandia Vs Arab Saudi (2-0): Ini Klasemen Grup C Piala Dunia 2022

      Robert Lewandowski mencetak gol untuk membantu kemenangan timnya atas Arab Saudi dengan skor 2-0 pada penyisihan Grup C Piala Dunia 2022.

      Prediksi Skor Argentina Vs Meksiko di Piala Dunia 2022: Siap-Siap Deg-Degan!

      Lionel Messi dkk. harus bisa membawa Timnas Argentina mengalahkan Timnas Meksiko untuk menjaga asa mereka dalam persaingan di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini.

      Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022: Australia Menyodok ke Peringkat Kedua

      Australia kini mengemas poin 3 dan berada di bawah Prancis yang nyaman di peringkat pertama klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2022.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022: Prancis Vs Denmark, Ayam Jantan Diunggulkan

      Prancis diunggulkan untuk bisa mengalahkan Denmark pada penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 malam ini.

      Hasil Piala Dunia 2022 Duke Bawa Australia Unggul atas Tunisia di Babak Pertama

      Gol Australia ke gawang Tunisia di babak pertama tercipta pada menit ke-23.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022 Malam Ini: Polandia Vs Arab Saudi, Percaya Diri!

      Skor pertandingan Polandia Vs Arab Saudi diprediksi ketat. Polandia wajib menang, Arab Saudi pun dalam kepercayaan diri tinggi setelah mengalahkan Argentina di laga pembuka mereka di Piala Dunia 2022.

      Profil Timothy Weah: Putra Presiden Liberia, Cetak Gol untuk Amerika Serikat

      Timothy Weah lahir dan besar di New York, Amerika Serikat, serta mengembangkan bakat sepak bolanya di negara tersebut.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022: Tunisia Vs Australia, Ketat!

      Sejumlah laman di Eropa memprediksi skor pertandingan Piala Dunia 2022 antara Tunisia Vs Australia akan sangat ketat dengan jumlah gol kecil.