Tutup Iklan

Rumah Warga Tanon Sragen Hangus Terbakar Saat Ditinggal Jemput Anak

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Api melahap habis rumah Sutanto, 42, warga Dukuh Bangle RT 019, Desa/Kecamatan Tanon, Sragen, Kamis (27/6/2019) pukul 21.15 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut tetapi kerugian material diperkirakan mencapai Rp53 juta. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya menjemput anak di rumah saudara. Kini Sutanto dan keluarganya terpaksa mengungsi.

Kasubbag Humas Polres Sragen AKP Agus Jumadi mewakili Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan kepada wartawan, Jumat (28/6/2019), menyampaikan kebakaran tersebut diduga disebabkan korsleting. Malam itu Sutanto meninggalkan rumah untuk menjemput anaknya di rumah saudara di desa yang sama pukul 21.00 WIB.

Sekitar 15 menit kemudian, warga melihat ada kepulan asap dari dalam rumah Sutanto disertai kobaran api. Setelah melihat hal itu, warga langsung melapor ke perangkat desa setempat dan diteruskan ke Muspika Tanon.

“Tim Muspika menghubungi pemadam kebakaran. Ada tiga unit mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api. Api bisa padam sekitar pukul 23.00 WIB,” ujar Agus.

Dari hasil identifikasi setelah api padam, banyak material dan barang berharga yang hangus terbakar di rumah berukuran 8 meter x 12 meter itu. Barang-barang yang terbakar, satu unit motor, satu sepeda angin, dua unit mesin pompa air disel, kulkas, televisi, peralatan dapur, 14 sak gabah, sebuah mesin potong rumput, dan barang-barang elektronik lainnya.

Selain itu, Agus melanjutkan uang tunai Rp4,9 juta juga hangus terbakar bersama surat-surat berharga di lemari pakaian. Dia memperkirakan kerugian material total Rp53 juta.

Pemadam api dilakukan tim gabungan dari Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Sragen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PSC 119, Puskesmas Tanon, Perdes Desa Tanon, Muspika, dan warga setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Sugeng Priyono, menyampaikan kebakaran itu dilaporkan Bayan I Tanon, Suparno, kepada Bidang Pemadam Kebakaran dan BPBD. Dia menerangkan rumah tersebut dihuni empat anggota keluarga, yakni Sutanto dan istrinya, Anita Supardiman, 28, bersama kedua anaknya Zaskia Zahrotusita, 9, Mahmud Ahmad Dinaja, 2, serta ibunya, Sukiyem, 90.

“Sebelum menjemput anak, Sutanti sempat memasak arem-arem pada pukul 20.00 WIB. Dugaan awalnya, kebakaran disebabkan arus pendek listrik,,” ujarnya.

Untuk sementara Sutanto dan keluarganya mengungsi ke rumah saudaranya, Suryanto, 57, di lingkungan setempat. Keluarga Sutanto termasuk keluarga miskin. BPBD mengirimkan bantuan logistik untuk meringankan beban mereka.


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

Jelang Reuni 212, Tangerang Batasi Akses Masuk ke Jakarta

Jika ada warga yang terindikasi hendak mengikuti Reuni 212, pihaknya akan langsung menyuruh mereka untuk memutar balik ke arah Kota Tangerang.

Kawal Presidensi G20, Kominfo Luncurkan Website Baru

Kementerian Kominfo luncurkan website baru untuk dukung Presidensi G20 Indonesia.

Asyik! Ikut Tes Acak Covid-19, Siswa di Klaten Dapat Doorprize

Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak.

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Nissan Bakal Mulai Bisnis Baru dan Gelontorkan $17,6 Miliar

Skema Nissan hadapi era elektrifikasi, salah satunya gelontorkan dana untuk bangun infrastruktur.

Waspada Omicron, Pejabat Negara Dilarang Bepergian ke Luar Negeri

Larangan terhadap pejabat negara tersebut berlaku kepada seluruh lapisan jabatan, terkecuali bagi yang melaksanakan tugas penting negara.

Diterjang Lahar, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Sleman Putus

Hujan deras yang turun di puncak Merapi pada Rabu (1/12/2021) menyebabkan putusnya jaringan air bersih di Kali Boyong, Pakem, Sleman.

Reuni 212 bakal Digelar di Plaza Manahan, Kapolresta Solo: Tidak Boleh!

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menegaskan akan membubarkan massa yang nekat menggelar Reuni 212 Soloraya di Plaza Manahan maupun tempat terbuka lainnya.

Alami Gangguan Jiwa, Suami di Kudus Bacok Istri

Seorang ibu di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), menjadi korban penganiayaan atau pembacokan suami yang mengalami gangguan jiwa.

Pembuang Bayi dalam Kardus Di Nguter Sukoharjo Diduga Warga Sekitar

Polisi menduga pelaku pembuang bayi yang ditemukan meninggal dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, adalah warga sekitar.

Tidur Sambil Duduk, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, apakah ada risiko jika tidur dalam posisi duduk tersebut?

Indonesia Bertekad Hasilkan Terobosan Besar dari Forum G20

Presidensi G20 Indonesia merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global, dengan partisipasi aktif membangun tata kelola dunia yang lebih sehat.

Sebut Penetapan UMK 2022 Jateng Inkonstitusional, Buruh Siapkan Gugatan

Buruh di Jateng yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Tengah menyebut penetapan UMK 2022 di Jateng yang diputuskan Gubernur Ganjar Pranowo inkonstitusional.

Bupati Grobogan Minta Permasalahan Pertanian di MT Satu Diselesaikan

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengingatkan masih ada pekerjaan rumah terkait pertanian pada musim tanam satu (MT-1).

Duh, 1.826 Prajurit TNI Terinfeksi HIV/AIDS

Panglima TNI mengakui, kesatuan terus memberikan pendampingan kepada prajurit yang terinfeksi HIV/AIDS agar mereka bisa disiplin dalam melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan TNI AD.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Siap Hadapi Sidang Perdana Kasus Narkoba

Pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie mengaku sudah siap mental untuk hadapi sidang perdana kasus narkoba